Pengembangan Model Pembelajaran Soft Skills Siswa SMK Negeri 2 Salatiga
Main Author: | Kurniawan, Sonny |
---|---|
Other Authors: | Loekmono, J.T. Lobby, Sutriyono |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Magister Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana FKIP-UKSW
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/15373 |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan model pembelajaran soft skills siswa SMK Negeri 2 Salatiga. Sebagaimana profil tenaga kerja yang dibutuhkan dunia usaha dan dunia industri saat ini adalah tamatan yang kuat pada aspek soft skills (disiplin, tanggungjawab, kejujuran, kerjasama, kemampuan beradaptasi, kemampuan berkomunikasi, etika dan kepemimpinan tanpa meninggalkan aspek hard skills (kompetensi teknis). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Research and Development (R&D). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu Focus Group Discussion (FGD), dengan analisis data SWOT. Dengan analisis SWOT terhadap proses pembelajaran menunjukkan bahwa posisi strategik berada pada kwadran SO (Strenght Opportunity). Artinya SMK Negeri 2 Salatiga mempunyai kekuatan dan sekaligus kesempatan untuk menerapkan proses pembelajaran soft skills yang lebih baik. Aspek soft skills dapat terintegrasi ke dalam pembelajaran. Model pembelajaran soft skills siswa yang di kembangkan SMK Negeri 2 Salatiga memiliki langkah-langkah: (1) Identifikasi tujuan pembelajaran, (2) Analisis pembelajaran, (3) Identifikasi perilaku dasar siswa, (4) Merumuskan tujuan pembelajaran, (5) Pengembangan strategi pembelajaran, (6) Pengembangan perangkat pembelajaran (7) Merencanakan dan melaksanakan evaluasi pembelajaran dan (8) Revisi pembelajaran. Melalui model pembelajaran tersebut, potensi-potensi soft skills siswa dapat dikembangkan dan diaktualisasikan sehingga siswa mampu menjadikan dirinya lebih baik dan siap ke dunia kerja.
- The purpose of this research is to develop soft skill learning model of SMK Negeri 2 Salatiga. As the human force profile in the world of business and industry requires the graduates who are strong in the aspect of soft skill (discipline, responsible, honest, cooperative, adaptable, communicative, ethical and leadership) without ignoring the aspects of hard skills (technical competence). Type of research applied is Research and Development (R&D). Data collecting method is Focus Group Discussion (FGD), and analysing method is SWOT analysis. By analysing SWOT on learning process, it is shown that strategic position is on the SO quadrant (Strength Opportunity). It means SMK Negeri 2 Salatiga has strength and opportunity to apply better soft skill learning process. Soft skill Aspect can be integrated in learning. Steps of development of Soft Skill Learning Model Students of SMK Negeri 2 Salatiga: (1) Identification of learning objectives, (2) Learning analysis, (3) Identification of the basic behavior of the students, (4) Formulate learning objectives, (5) Development of learning strategies, (6) Development of learning tools, (7) Planning and implementing learning evaluation and (8) Revision of learning. Through learning mentioned above, student’s soft skill competence can be developed and actuated so that students can make themselves better and ready to enter the working world.