Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Media Gambar pada Siswa Kelas 4 SD Negeri Sidorejo Lor 07 Semeter 1 Tahun Ajaran 2016-2017

Main Author: Agnestasya, Karolina Ari Putri
Other Authors: Relmasira, Stefanus Christian
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2018
Subjects:
IPS
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/15366
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas 4 mata pelajaran IPS, pada proses pembelajaran guru masih menggunakan metode ceramah, sehingga berdampak pada cara berpikir siswa serta hasil belajar siswa 55% belum mencapai KKM. Untuk memperbaiki permasalahan tersebut dan akan meningkatan hasil belajar siswa maka dilakukan pembelajaran menggunakan model STAD dengan berbantuan media gambar. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Model penelitian tindakan kelas yang digunakan yaitu C. Kemmis dan MC Targgart R. Subjek penelitian yaitu siswa kelas 4 SD Negeri Sidorejo Lor 07 Salatiga. Instrumen pengambilan data menggunakan lembar observasi dan soal tes. Dari hasil penelitian yang sudah dilakukan ditemukan hasil bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperati tipe STAD berbantuan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas 4 SD Negeri Sidorejo Lor 07 semester 1 tahun ajaran 2016-2017. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil persentase hasil belajar siswa yang tuntas meningkat, terjadi mulai pada kondisi awal 20 siswa (45%) meningkat pada siklus I 26 siswa (59%) peningkatan pada siklus II 36 siswa (82%). Saran yang dapat penulis ajukan pada penelitian ini yaitu guru dapat menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media gambar sebagai pedoman untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS.