Pengaruh Model Pembelajaran Relating, Experiencing, Applying, Cooperating and Transferring (REACT) terhadap Kemampuan Metakognitif dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Biologi
Main Authors: | Naimnule, Lusia, Corebima, Aloysius Duran, Syamsuri, Istamar |
---|---|
Format: | Proceeding application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Fakultas Biologi Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/15341 |
Daftar Isi:
- Prosiding Seminar Nasional Biologi dan Pendidikan Biologi : Penelitian, Penerapan dan Pembelajaran Biologi dalam Menghadapi Tantangan Abad 21, 2018, p. 289 - 295.
- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Relating, Experiencing, Applying, Cooperating And Transferring (REACT) terhadap kemampuan metakognitif dan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran biologi. Jenis penelitian ini adalah penelitia neksperimen semu (quasi eksperimen) dengan rancangan Pretest-Posttest Non-Equivalent Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAdi Kota Malang tahun ajaran 2017/2018. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas XMIPA 1 SMAN 8 Malang. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan uji Anakova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Relating, Experiencing, Applying, Cooperating and Transferring(REACT) terhadap kemampuan metakognitif dan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran biologi. Siswa pada kelas eksperimen dengan model pembelajaran REACT memiliki rerata terkoreksi kemampuan metakognitif 47,67% lebih tinggi dibandingkan kemampuan metakognitif siswa pada pembelajaran konvensional. Siswa pada kelas eksperimen memiliki rerata terkoreksi kemampuan berpikir kritis 37,67% lebih tinggi dibandingkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran konvensional.