Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write dengan Media Komik pada Siswa Kelas IV SDN 1 Manggarmas Grobogan Semester II Tahun Pelajaran 2015/2016

Main Author: Najib, Muhaimin Ainun
Other Authors: Sumiyarso
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/15331
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah peningkatan hasil belajar IPA dapat diupayakan melalui model pembelajaran kooperatif tipe think talk write dengan media komik pada siswa kelas IV semester II tahun pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan dimana setiap pertemuannya menggunakan prosedur PTK yaitu : perencanaan, pelaksanaan dan observasi, refleksi. Peneltian ini dilakukan terhadap 22 siswa kelas IV SDN 1 Manggarmas Grobogan semester II tahun pelajaran 2015/2016 melalui model pembelajaran kooperatif tipe think talk write dengan bantuan media komik. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data berbentuk tes dan non tes. Teknik tes menggunakan butir soal sebagai instrumen sedangkan teknik non tes menggunakan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan analisis deskriptif komparatif yaitu membandingkan hasil belajar antar siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 1 Manggarmas Grobogan semester II tahun pelajaran 2015/2016 dapat diupayakan melalui model pembelajaran kooperatif tipe think talk write dengan bantuan media komik. Hal ini nampak dari hasil penelitian berdasarkan ketuntasan belajar dengan KKM ≥ 65, pra siklus 36,4% tuntas, siklus I 86,4% tuntas, dan siklus II 86,4% tuntas.hasil belajar IPA pada siklus II telah mencapai ketuntasan belajar sebesar 80%, Dengan demikian pelaksanaan tidakan kelas siklus II dinyatakan berhasil. Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think talk write dengan bantuan media komik dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 1 manggarmas Grobogan semester II tahun pelajaran 2015/2016. Disarankan bahwa pembelajaran kooperatif tipe think talk write dengan media komik hendaknya diterapkan untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan meningkatkan hasil belajar siswa.