Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung Melalui Permainan Kartu Bergambar pada Anak Usia 4 Sampai 5 Tahun di Kelompok A TK Kamulyan Terpadu Salatiga

Main Author: Hutami, Christina Kun
Other Authors: Wijayaningsih, Lanny, Rahardjo, Maria Melita
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru PAUD FKIP-UKSW , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/15316
Daftar Isi:
  • Tidak diijinkan diunggah ke dalam aplikasi Repositori Perpustakaan Universitas.
  • Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah permainan kartu bergambar dapat meningkatkan kemampuan mengenal berhitung dan mengenal lambang bilangan secara urut dan benar di kelompok A TK Kamulyan Terpadu Salatiga, Jawa Tengah. Peneliti dalam pengambilan data awal 10 siswa tetapi dilakukannya siklus peneliti terfokus untuk meningkatkan kemampuan berhitungnya pada 5 Siswa dari jumlah 10 Siswa dalam satu kelas di Semester Ganjil Tahun Ajaran 2016/2017. Teknik pengambilan data dengan menggunakan observasi, dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Hipotesis dalam penelitian ini adalah Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung Melalui Permainan Kartu Bergambar Pada Anak Usia 4 Sampai 5 Tahun di Kelompok A TK Kamulyan Terpadu Salatiga. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa melalui permainan kartu bergambar dapat meningkatkan kemampuan berhitung 1-10 pada usia 4 sampai 5 tahun. Kesimpulannya dari dilakukannya pengambilan data awal yang dilakukan pada 10 anak dikelas menggunakan indikator yang telah dibuat maka ada peneliti memfokuskan pada 5 anak yang kurang di dalam kemampuan berhitungnya maka dengan demikian peneliti menggunakan pembelajaran yang berbentuk permainan dapat memberikan rangsangan pada anak-anak untuk terlibat aktif pada saat proses pembelajaran berlangsung, hal tersebut terbukti dengan diperolehnya persentase yang hasilnya telah mencapai target dalam penelitian yaitu untuk kemampuan berhitng oral di siklus I memperoleh 100 % dan untuk kemampuan berhitung lisan di siklus I memperoleh 95 %. Dari hasil tersebut telah menunjukkan bahwa anak-anak di kelompok A sudah menguasai angka 1-10 di siklus I terutama dapat mengikuti kegiatan permainan yang telah di berikan untuk meningkatkan kemampuan berhitung.