Hubungan Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dan Efikasi Diri Guru Dengan Kinerja Guru: Studi Pada 16 SMP Sub Rayon 04 Semarang
Main Author: | Perdata, Yosafat Masagung |
---|---|
Other Authors: | Loekmono, J.T. Lobby, Kameo, Daniel D. |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Magister Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana FKIP-UKSW
, 2018
|
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/15312 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi hubungan antara pandangan guru tentang kepemimpinan transformasional kepala sekolah, efikasi diri guru dengan kinerja guru di SMP Sub Rayon 04 Semarang. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 195 responden dengan teknik simple random sampling. Data dikumpulkan menggunakan skala Likert dengan item-item yang valid dan reliabel. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan rumus korelasi Pearson product moment, yang didahului analisis prasyarat melalui uji normalitas sebaran data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan signifikan antara: (1) kepemimpinan transformasional kepala sekolah dengan kinerja guru dengan koefisien korelasi rx1y = 0,497, p=0,000 < 0,05; (2) efikasi diri guru dengan kinerja guru dengan koefisien korelasi rx2y = 0,395, p=0,000 < 0,05; (3) kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan efikasi diri guru secara bersama-sama dengan kinerja guru Rx1.2y = 0,540, p=0,000 < 0,05.
- The present study aims to examine the significance relationship of teachers’ view about principals’ transformational leadership and teachers’ self-efficacy toward teachers’ performance in SMP Sub Rayon 04 Semarang. Data for this survey were collected from 195 teachers using simple random sampling technique. All valid and reliable data were constructed by using Likert scale. Normality tests conducted as a prerequisite to determine if data set is well-modeled by a normal distribution, then Pearson product moment was used for further analys is.Research shows that significance relationships are exist between: (1) principals’ transformational leadership towards teachers’ performance with correlation coefficient rx1y = 0,497, p=0,000 < 0,05; (2) teachers’ self-efficacy towards teachers’ performance with coefficient correlation rx2y = 0,395, p=0,000 < 0,05; (3) principals’ transformational leadership and teachers’ self-efficacy simultaneously toward teachers’ performance with coefficient Rx1.2y = 0,540, p=0,000 < 0,05.