Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf pada Anak Usia 5–6 Tahun dengan Metode Bermain Kartu Huruf Kelompok B di Paud Terpadu Zaki’s Club Gemolong Semester I

Main Author: Nofitasari, Siska
Other Authors: Soesilo, Tritjahjo Danny, Widyastuti, Ajeng Ayu
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru PAUD FKIP-UKSW , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/15286
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan kemampuan mengenal huruf pada anak usia 5-6 Tahun dengan metode bermain kartu huruf di PAUD Terpadu Zaki’s Club Gemolong Semester I Tahun Ajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi dan dokumentasi. Jumlah subjek dalam penelitian ini adalah 13 anak. Indikator keberhasilan yang digunakan pada penelitian ini adalah (1) menyebutkan simbol-simbol huruf yang dikenal, (2) mengenal suara huruf awal dari nama benda-benda yang ada disekitar, (3) memahami hubungan antara bunyi dan bentuk huruf. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan mengenal huruf pada anak dengan menggunakan media kartu huruf . Hal ini dapat dibuktikan dari hasil sebelum tindakan dan setelah dilakukan tindakan. Sebelum tindakan diperoleh persentase kemampuan mengenal huruf anak dengan kategori baik yaitu 15,40%. Pada siklus I kemampuan mengenal huruf anak kategori baik sebesar 23,08%, dan siklus II sebesar 84,62%. Sehingga penelitian ini dapat dikatakan berhasil, terbukti pada siklus II sebesar 84,62% dengan jumlah subjek 11 anak dengan kemampuan mengenal huruf pada kategori baik. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, maka tujuan penelitian ini telah tercapai karena indikator penilaian sudah mencapai target yang ditentukan yaitu 80%.