Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Media Gambar pada Siswa Kelas 4 SD Negeri Ngurensiti 01 Kecamatan Wedarijaksa Kabupaten Pati Tahun Pelajaran 2016/2017

Main Author: Hidayati, Fitriyatul
Other Authors: Relmarisa, Stefanus Christian
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar PSKGDJ FKIP-UKSW , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/15257
Daftar Isi:
  • Berdasarkan latar belakang dan observasi awal yang dilaksanakan dikelas 4 SDN Ngurensiti 01 menunjukkan bahwa pembelajaran IPA masih berpusat pada guru, guru hanya menggunakan metode ceramah sehingga siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Kurangnya metode dan variasi dalam pembelajaran menyebabkan siswa kurang partisipasi sehingga masih banyak siswa yang pasif dan kurang bersemangat dalam mengikuti pembelajaran IPA dikelas. Hal ini mengakibatkan materi yang diajarkan kurang dapat diterima dengan baik oleh siswa sehingga membuat hasil belajar siswa rendah. Terkait dengan latar belakang tersebut, maka masalah pokok yang dikaji adalah apakah efektif upaya peningkatan hasil belajar ipa melalui model kooperatif tipe STAD berbantuan media gambar pada siswa kelas 4 ? sehingga tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA melalui penerapan model Kooperatif tipe STAD berbantuan Media Gambar pada siswa kelas 4 SDN Ngurensiti 01. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas. Dengan 2 jenis penelitian yaitu kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV terdiri dari 30 siswa 14 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Kooperatif tipe STAD ini menunjukkan hasil yang sangat baik yaitu pada siklus I memperoleh skor 15 siswa dengan nilai tuntas presentase 50 % dengan kategori baik, sedangkan pada siklus II mengalami kenaikan mencapai 96.66% dengan jumlah skor 29 siswa dalam kategori sangat baik dan memenuhi Nilai KKM. Kesimpulannya melalui model kooperatif tipe STAD dengan berbantuan media gambar dapat meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA.