Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Siswa Kelas 4 SDN Jembangan 01 Kecamatan Batangan Kabupaten Pati Semester I Tahun Pelajaran 2016/ 2017
Main Author: | Apriliani, Deni |
---|---|
Other Authors: | Wardani, Naniek Sulistya |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar PSKGDJ FKIP-UKSW
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/15229 |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah peningkatan hasil belajar IPA dapat diupayakan melalui model pembelajaran kooperatife tipe jigsaw siswa kelas 4 semester 1 SDN Jembangan 01 Batangan Pati tahun pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model spiral dari Kemmis, S., dan Mc. Taggart, R. Prosedur penelitian terdiri dari 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 3 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan dan observasi, serta refleksi. Variabel penelitian terdiri dari Model pembelajaran kooperatife tipe jigsaw serta hasil belajar IPA. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan teknik non tes berupa observasi, dengan instrumen butir soal dan lembar observasi yang dilengkapi dengan rubrik penilaian. Teknik analisis data menggunakan teknik persentase dengan membandingkan hasil belajar IPA antar siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas 4 SDN Jembangan 01 Batangan Pati semester 1 tahun pelajaran 2016/2017 dapat diupayakan melalui model pembelajaran kooperatife tipe jigsaw terbukti. Hasil ini nampak pada perbandingan hasil belajar IPA dengan KD 3.1 Menganalisis hubungan antara bentuk dan fungsi bagian tubuh pada hewan dan tumbuhan, KD 4.1 Menyajikan laporan hasil pengamatan tentang bentuk dan fungsi bagian tubuh hewan dan tumbuhan dan KD 3.2 Membandingkan siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup serta mengkaitkan dengan upaya pelestarian dan KD 4.2 Membuat skema siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup yang ada dilingkungan sekitarnya dan slogan upaya pelestariannya, berdasarkan (1) ketuntasan dengan KKM ≥ 80 antara pra siklus : siklus 1 : siklus 2 adalah 29% : 54%: 100% dari seluruh siswa, (2) skor minimum antara pra siklus: siklus 1: siklus 2 adalah 55: 60: 80, (3) skor maksimum antara pra siklus: siklus 1: siklus 2 adalah 90: 96: 100, (4) skor rata-rata, antara pra siklus, siklus 1: siklus 2 adalah 70: 78: 87. Penelitian ini dikatakan berhasil, karena hasil penelitian telah memenuhi indikator yang ditetapkan, yakni ≥ 54% dari seluruh siswa mencapai hasil belajar IPA berdasar ketuntasan pada siklus 1, dan ≥ 100% dari seluruh siswa mencapai hasil belajar IPA berdasar ketuntasan pada siklus 2 dengan KKM ≥ 80. Saran yang diberikan kepada guru adalah diharap guru berkomitmen untuk mendesain pembelajaran IPA melalui model pembelajaran kooperatife tipe jigsaw dalam meningkatkan hasil belajar IPA, serta melakukan pengukuran yang meliputi aspek kognitif dan psikomotorik.