Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Strategi Hunting Information untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar pada Materi Sistem Peredaran Darah Siswa Kelas XI IPA 2 SMA Kartika III-1 Banyubiru
Main Author: | Febriyanti, Etika |
---|---|
Other Authors: | Hastuti, Susanti Pudji, Keliat, Natalia Rosa |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Biologi FB-UKSW
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/14863 |
Daftar Isi:
- PBL merupakan salah satu model pembelajaran yang menggunakan pendekatan saintifik yang mendorong siswa untuk menemukan solusi berdasarkan masalah. Model PBL dikolaborasikan dengan strategi Hunting Information yang merupakan salah satu strategi pembelajaran aktif, yang menuntut siswa lebih aktif dalam menemukan informasi dalam penyelesaian masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model PBL dan Strategi hunting information untuk meningkatkan hasil belajar dan motivasi serta untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan motivasi siswa kelas XI IPA 2 SMA Kartika III-1 Banyubiru pada materi sistem peredaran darah melalui penerapan model PBL dan Strategi hunting information.Subjek penelitian adalah siswa XI IPA 2 SMA Kartika III-1 Banyubiru, Kabupaten Semarang yang berjumlah 28 orang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas yang menggunakan teknik analisis deskriptif. Siswa yang mencapai KKM 75 pada siklus I hanya 75% dan pada siklus II meningkat hingga 100%. Hasil belajar afektif siswa pada siklus I hanya mencapai 62.29% dan pada siklus II meningkat mencapai 100% dengan kategori minimal baik. Hasil belajar psikomotorik siswa pada siklus I 96.42% dan meningkat pada siklus II mencapai 100% dengan kategori minimal baik. Motivasi belajar siswaberdasarkan LO dan angket meningkat dari siklus I 89.29% dan siklus II mencapai 100%. Hasil penelitian membuktikan bahwa model PBL dan strategi Hunting Information dapat meningkatkan motivasi belajar siswa sehingga hasil belajar kognitif, afektif dan psikomotorik siswa meningkat. Karena model PBL berbasis pendekatan saintifik melatih siswa afektif dan trampil dalam pembelajaran, sehingga lebih paham terhadap materi yang diberikan.