Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa melalui Penerapan Model Learning Cycle 7E (LC 7E) pada Pembelajaran Biologi Kelas X IPA 4 SMA Negeri 1 Bringin Tahun Pelajaran 2016/2017
Main Author: | Mirjanah, Mita |
---|---|
Other Authors: | Hastuti, Susanti Pudji, Priyayi, Desy Fajar |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Biologi FB-UKSW
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/14858 |
Daftar Isi:
- Tidak diijinkan karya tersebut diunggah ke dalam aplikasi Repositori Perpustakaan Universitas.
- Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi siswa kelas X IPA 4 SMA Negeri 1 Bringin melalui model Learning Cycle 7E. LC 7E merupakan model pembelajaran berbasis kontruktivisme, yang kegiatan pembelajarannya diorientasikan pada kegiatan siswa. Subyek penelitian adalah siswa kelas X IPA dengan jumlah 32 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan instrumen pengumpulan datanya berupa angket, lembar observasi, wawancara dan tes. Berdasarkan hasil pada siklus I siswa yang memiliki aktivitas belajar kategori baik sebesar 62,5%. Pada siklus II aktivitas belajar kategori baik meningkat menjadi 93,75% dan aktivtias belajar kategori sangat baik sebesar 6,25%. Berdasarkan hasil belajar kognitif siswa, persentase siswa yang memenuhi KKM 70 pada siklus I sebesar 43,75% meningkat menjadi 100%. Berdasarkan hasil analisis gain score, pada siklus I siswa yang termasuk dalam kategori tinggi sebesar 43,75%, kategori sedang sebesar 21,88% dan kategori rendah sebesar 34,38%. Pada siklus II siswa yang termasuk kategori tinggi sebesar 81,25%, kategori sedang sebesar 12,50% dan kategori rendah sebesar 6,25%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model LC 7E mampu membuat siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran. Melalui aktivitas belajar yang dilakukan siswa lebih mudah untuk memahami dan mengingat konsep materi sehingga hasil belajar kognitif siswa meningkat.