Strategi Komunikasi Tim Kreatif dalam Mempertahankan Eksistensi Program The Comment Net TV

Main Author: Mi’raj, Eddo Desfri
Other Authors: Siahainenia, Royke Robert, Aritonang, Bonardo Marulitua
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Komunikasi FISKOM-UKSW , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/14815
Daftar Isi:
  • Program televisi merupakan aspek terpenting didalam industri pertelevisian, karena dengan program itulah televisi bisa memberikan kebutuhan informasi, edukasi dan hiburan kepada khalayak. Program televisi juga memiliki banyak jenis, seperti berita, talk show, reality show, sinetron, film, variety show dan lain-lain. Variety show merupakan jenis program televisi paling baru dan menarik, karena menyajikan berbagai macam tayangan disetiap segmennya, bahkan berinovasi juga dengan menggabungkan media televisi dengan media baru atau internet. Salah satu program televisi yang menggunakan jenis program variety show adalah The Comment dari NET TV. NET TV sebagai televisi swasta terbaru di Indonesia memiliki program-program terbaik dan mampu bersaing dengan televisi lainnya di Indonesia. Penelitian yang berjudul strategi komunikasi tim kreatif dalam mempertahankan eksisteensi program The Comment NET TV ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi apa saja yang digunakan tim kreatif untuk menarik minat khalayak khususnya anak muda untuk menonton program The Comment, sehingga program tersebut bisa terus eksis dan bertahan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dan metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam mempertahankan eksistensi program The Comment, tim kreatif menggunakan strategi komunikasi diantaranya mengenali sasaran komunikasi, memilih media komunikasi, mengkaji tujuan pesan serta mendalami dan menentukan peran komunikator dalam komunikasi. Selain itu eksistensi yang diperoleh juga dengan cara memaksimalkan sosial media sebagai media riset dan perpanjangan tangan dari program The Comment tersebut.
  • Television programs are the most crucial aspect in television industry, because it is very useful to deliver some information, education, and entrertain necessary for the public. Television program also have many kind of type, such as news, talk show, reality show, television series, movie, variety show, etc. Variety show is the newest and most interesting television programme,that is because it presents several kind of impressions in every segment, even make an inovation to colaborate the television program with the new media or internet. One of television program that use kind of variety show is The Comment dari NET TV. NET TV as a newest and private television in Indonesia, have several best programs that capable to compete with another television channel in Indonesia. The research with title “strategi komunikasi tim kreatif dalam mempertahankan eksisteensi program The Comment NET TV” has a purpose to know what kind of communication strategies that being used by the creative team to attract public’s interest especially the young generation to watch The Comment program, until the program being able to be exist and survive. The author use type of description research and qualitative method. The result of the research shows that, to maintain the existance of The Comment, the creative team using some of communication strategies, such as recognize the communication target, choose the communication media, identify the purpose of the message and obtain a deep understanding also decide the use of communicator in communication. Beside that the program being able to gained the existance are because the creative team using social media as a riset media and extension of The Comment program.