Gaya Kepemimpinan Ahok dalam Konstruksi Media Online: Framing dalam Republika.co.id dan Kompas.com
Main Author: | Narwasty, Mega Alma |
---|---|
Other Authors: | Siahainenia, Royke Robert, Aritonang, Bonardo Marulitua |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Komunikasi FISKOM-UKSW
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/14778 |
Daftar Isi:
- Media massa dalam fungsi korelasi sosialnya, wajib memuat pemberitaan yang objektif serta berimbang. Namun kenyataannya, media kerap kali tendensius dan terkesan memihak. Media massa saat ini semakin marak digunakan sebagai penggiring opini masyarakat menuju pencitraan yang diinginkan. Opini masyarakat tersebut juga tidak terlepas dari peranan media massa dalam hubungannya dengan penyajian informasi dan cara media menginterpretasi suatu kejadian. Satu berita yang sampai kepada masyarakat akan memiliki banyak penafsiran dan tanggapan, bergantung pada gaya bahasa (penyajian) dan cara penyampaiannya. Termasuk di dalamnya isu mengenai kontroversi terhadap gaya kepemimpinan Basuki Tjahaya Purnama alias Ahok sebagai Gubernur DKI Jakarta, sehingga penelitian yang akan dibahas berjudul Gaya Kepemimpinan Ahok dalam Konstruksi Media Online (Framing Dalam Republika.co.id dan Kompas.com). Pemberitaan akan dilihat melalui pembingkaian berita (framing) media koran elektronik. Framing adalah pendekatan untuk mengetahui perspektif atau cara pandang yang digunakan oleh wartawan ketika menyeleksi isu dan menulis berita. Penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana pembingkaian media yang disajikan oleh dua media yaitu Republika.co.id dan Kompas.com. Pemberitaan di media massa akan dapat membangun sebuah konstruksi tentang realitas apa yang ingin dicapai oleh sebuah media. Framing digunakan untuk melihat bagaimana media berusaha menciptakan pandangan atau pendekatan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dokumentasi dan teknik analisa teori framing Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki. Dokumentasi diperoleh dengan menyimpulkan gaya bahasa, isi tulisan, sampai pada headline (judul berita) dari 10 berita yang dianalisa tentang gaya kepemimpinan Ahok dari bulan Maret-Desember 2016. Hasil penelitian ini berdasarkan teori tentang gaya kepemimpinan, jika dikaitkan dengan gaya kepemimpinan Ahok tersebut, masing-masing media membingkai gaya kepemimpinan Ahok dengan bingkai yang berbeda. Kompas menggolongkan Ahok sebagai pemimpin dengan gaya kepemimpinan transformasional. Dimana Ahok sendiri digambarkan sebagai pemimpin yang dapat mengkomunikasikan visi masa depan dan membagikannya kepada anggotanya dengan jelas. Sedangkan Republika membingkai gaya kepemimpinan Ahok ini dengan menyimpulkan bahwa gaya kepemimpinan Ahok cenderung tergolong transaksional, dimana cara yang digunakan Ahok sebagai pemimpin dalam menggerakkan anggotanya, ialah dengan menawarkan imbalan/akibat terhadap setiap kontribusi yang diberikan oleh anggota kepada organisasi.
- The mass media in the social correlation functions, must include an objective and balanced news. But the reality is, media oftentimes tendentious and impressed siding. The mass media is now used as a drover increasingly widespread public opinion toward the desired imaging. Public opinion is also inseparable from the role of mass media in conjunction with the presentation of information and the way the media interpret an event. One news to the community will have many interpretations and responses, depending on the style of language (the presentation) and the manner of its delivery. Including the issue of the controversy over leadership style Basuki Tjahaya Purnama or Ahok as Governor of Jakarta, so that the research will be discussed entitled Ahok’s Leadership Style in Media Online Construction (Framing In Republika.co.id and Kompas.com). Preaching will be monitored through the news framing (framing) electronic newspaper media. Framing is an approach to find a perspective or point of view that is used by journalists when selecting issues and news writing. This study is to see how the media framing presented by the two media, Republika.co.id and Kompas.com. Coverage in the mass media will be able to build a construction of reality, which is will be achieved by media. Framing is used to see how the media trying to create the views or approaches. This study uses research methods of documentation and analysis techniques framing theory Zhongdang Pan and Gerald M. Kosicki. Documentation obtained by concluding a style of language, content writing, to the headline of 10 news analysis about Ahok’s leadership style of the month from March to December, 2016. The results of this study based on the theory of leadership style, if it is associated with Ahok’s leadership styles, framing about Ahok’s leadership style by each media is different. Kompas classify Ahok as leader with transformational leadership style. Where Ahok himself is portrayed as a leader who can communicate the vision of the future and distribute them to their members clearly. While framing Republika about Ahok’s leadership style is to conclude that the leadership style tends classified transactional, which means the way Ahok as a leader in mobilizing its members, is to offer rewards/consequences of any contributions made by members of the organization.