Deskripsi Tipe Kesalahan Siswa Kelas VII Berdasarkan Kategori Newman dan Pemberian Scaffolding pada Soal Cerita Persamaan Linear Satu Variabel
Main Author: | Andreana, Maria Imas |
---|---|
Other Authors: | Sutriyono |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Matematika FKIP-UKSW
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/14605 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan tipe kesalahan siswa berdasarkan kategori Newman dalam menyelesaikan soal cerita materi PLSV dan pemberian scaffolding berdasarkan tingkatan Anghileri. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 siswa kelas VII B SMP Pangudi Luhur Salatiga. Tipe kesalahan subjek berdasarkan hasil jawaban tes tertulis, setelah itu dianalisis dan dikategorikan berdasarkan kategori kesalahan Newman, kemudian tiap kesalahan akan diberikan scaffolding. Kesalahan yang paling banyak terjadi adalah process skill error dimana persentasenya adalah 31% meliputi kesalahan dalam melakukan operasi hitung aljabar dan menentukan nilai suatu variabel. Tipe kesalahan lainnya yang dilakukan yaitu comprehension error sebanyak 23%, transformation error sebanyak 23%, reading error sebanyak 15%, dan careless error sebanyak 8%. Pemberian scaffolding tingkat 1 dan tingkat 2 berdasarkan Anghileri, yaitu environmental provision dan explaining, reviewing, and restructuring pada tipe kesalahan yang dilakukan subjek penelitian menunjukkan hasil yang memuaskan, hal ini ditunjukkan dengan tidak terjadinya pengulangan kesalahan yang dilakukan subjek saat diberikan soal tes dengan materi yang sama setelah pemberian scaffolding.