Deskripsi Kesalahan Siswa Kelas X SMK Berdasarkan Kriteria Watson Disertai Pemberian Scaffolding pada Materi Sistem Persamaan Linear 3 Variabel

Main Author: Dinar, A. Karisma Yanuar
Other Authors: Yunianta, Tri Nova Hasti
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Matematika FKIP-UKSW , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/14601
Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Materi Sistem persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV) menjadi fokus dalam penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tipe kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah konseptual pada materi SPLTV yang ditinjau berdasarkan analisis kesalahan Watson dan pemberian Scaffolding berdasarkan tingkatan menurut Anghileri.Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X jurusan Tehnik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Salatiga,yang di pilih berdasar nilai ulangan harian materi SPLTV dan diambil 3 subyek yang masing-masing 1 subyek berkemampuan matematika tinggi, 1 subyek berkemampuan sedang, dan 1 subyek berkemampuan rendah. Data kesalahan subjek diperoleh dari hasil jawaban tes, setelah itu dianalisis dan dikategorikan berdasarkan tipe-tipe kesalahannya, kemudian tiap kesalahan akan diberikan scaffolding. Kesalahan yang paling banyak terjadi adalah omitted conclution dan skill hierarchy problem dimana keduanya berada pada persentase 27%. Kesalahan yang dilakukan subjek meliputi kesalahan dalam menghitung determinan dengan rumus sarus, kesalahan dalam memberikan kesimpulan, dan kesalahan dalam meyebutkan nama langkah. Pemberian scaffolding tingkat 2 berdasarkan Anghileri, yaitu explaining, reviewing, and restructuring pada semua tipe kesalahan yang dilakukan subjek penelitian menunjukkan hasil yang memuaskan, hal ini ditunjukkan dengan tidak terjadinya pengulangan kesalahan yang dilakukan subjek saat diberikan soal tes dengan materi yang sama setelah pemberian scaffolding.