Deskripsi Penerapan Scaffolding untuk Mengatasi Kesalahan Siswa dalam Pemecahan Masalah Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV)
Main Author: | Lembono, Octavia Gizka |
---|---|
Other Authors: | Ratu, Novisita |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Matematika FKIP-UKSW
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/14532 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses scaffolding dalam mengatasi kesalahan siswa dalam memecahkan masalah materi SPLDV. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian tindakan dengan pemberian scaffolding terkait pemecahan masalah SPLDV. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 siswa kelas VIIIH SMP Negeri 2 Salatiga yang paling banyak melakukan kesalahan pada uji tes pemecahan masalah terkait materi SPLDV. Scaffolding yang digunakan mengacu pada tahapan scaffolding Anghileri yaitu Level 1 – Enviromental Provision, Level 2 – Explaining, Reviewing, Restructuring, dan Level 3 – Developing Conceptual Thinking. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan siswa dalam memahami masalah dapat diatasi dengan pemberian scaffolding tahap reviewing. Kesalahan siswa dalam merencanakan pemecahan masalah dapat diatasi dengan pemberian scaffolding level 2 yaitu explaining, restrucuturing, dan reviewing. Kesalahan siswa dalam melaksanakan pemecahan masalah dapat diatasi dengan pemberian scaffolding level 2 yaitu tahap explaining, restructuring, reviewing, serta level 3 yaitu developing conceptual thinking. Kesalahan siswa dalam memeriksa kembali jawaban yang diperolehnya dapat diatasi dengan pemberian scaffolding tahap explaining dan reviewing.