Strategi Komunikasi Humas dalam Membentuk Citra Pemerintahan Kota Salatiga
Main Author: | Indah V., Anita |
---|---|
Other Authors: | Wijaya, Lina Sinatra, Sumtaky, Erikson |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Komunikasi FISKOM-UKSW
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/1417 |
Daftar Isi:
- Lembar Pengesahan tidak disertai tanda tangan dosen pembimbing
- Hubungan Masyarakat (Humas) adalah salah satu aspek yang diperlukan oleh setiap organisasi, baik itu organisasi komersial atau nonkomersial. Keberadaan Humas juga diperlukan di Pemerintah Kota Salatiga untuk memberikan informasi kepada masyarakat mengenai program untuk membentuk citra Pemerintah Kota Salatiga Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas dan strategi komunikasi yang dilakukan Humas Pemerintah Kota Salatiga untuk meningkatkan citra Pemerintah Kota Salatiga. Jenis penelitian ini adalah penelitian deksriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data diperoleh melalui wawancara kepada karyawan Humas Pemerintah Kota Salatiga dan warga masyarakat Kota Salatiga. Hasil penelitian ini menunjukkan strategi komunikasi yang dilakukan Humas Pemerintah Kota Salatiga menekankan pada masyarakat eksternal. Aktivitas yang dilakukan oleh Humas Pemerintah Kota Salatiga adalah Press Release, wawar keliling, konferensi pers, dan pembuatan website. Disamping itu mereka juga melakukan pendektaan persuasif dan edukatif untuk mendukung strategi dalam memberikan informasi pada masyarakat dan meningkatkan citra Pemerintah Kota Salatiga di masyarakat.
- Public relation is one aspect needed by each organization, whether it is commercial or noncommercial organization. The existence of public relations is also needed in Municipal Government of Salatiga to give information to the public about the programs in order to build their image. The purpose of this research is to find out what activities and the communication strategies done by Public relations of the Municipality of Salatiga in order to increase the image of the Municipality of Salatiga Government. This is a descriptive research with qualitative approach. Data collection method was gathered by interviewing the employees of Public relations department in the Municipality of Salatiga and the public (Salatiga citizen). The results of this research show that the communication strategies done by the public relations of the Municipality of Salatiga emphasized on the external public. The activities done by public relations of the Municipality of Salatiga were press release, mobile announcement, press conference, and making website. Besides that they also did persuasive and educative approaches to support their strategies in order to give information to the public and to increase their image in the society.