Strategi Public Relations PT. Djarum untuk Memenangkan Opini Publik terhadap Hasil Industri Kretek dan PT. Djarum
Main Author: | Anjani, Dewinta Shandra Kusuma |
---|---|
Other Authors: | Mayopu, Richard Gordon |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Public Relations FTI-UKSW
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/14060 |
Daftar Isi:
- Keberadaan produk rokok di Indonesia hingga saat ini masih menimbulkan pro dan kontra, serta persaingan di berbagai aspek. Sebagai salah satu produsen rokok di Indonesia, PT. Djarum memiliki beragam ancaman, mulai dari kompetitor yang berasal dari perusahaan rokok putih luar negeri, pelaku industri farmasi, regulasi, bahkan rumor yang beredar di kalangan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menggali lebih dalam strategi Public Relations apakah yang digunakan oleh PT. Djarum untuk bertahan, dan menjawab ancaman yang ada, bagaimana strategi Public Relations yang dilakukan untuk meningkatkan citra positifnya melalui setting isu dan rumor negatif yang menyerang industri kretek. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang sumber datanya diperoleh melalui wawancara, survey, dan observasi partisipatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa PT. Djarum mengubah ancaman menjadi peluang bagi perusahaan. Ketika strategi promosi produk dibatasi oleh regulasi, strategi corporate social responsibilities dan Public Relations menjadi pilihan berikutnya untuk mengedukasi dan menjalin relasi dengan publik perusahaan dalam upaya peningkatan citra positifnya. Pada akhirnya, dari tulisan ini dapat disimpulkan bahwa ancaman terhadap perusahaan dapat dilawan dengan pembentukan opini baru melalui pemberian edukasi dan pembentukan opinion leader baru di kalangan masyarakat.
- The existence of cigarettes in Indonesia is still raises the pros and cons, also competition in several aspects. As one of the cigarettes manufacturer in Indonesia, PT. Djarum has various threats ranging from compettors, pharmaceutical industry, regulations, even rumors circulating in the community. This study aims to dig deeper into the Public Relations Strategy that used by PT. Djarum to survive, and handle the threats that exist, how the strategy is set to increase the positive image through rumors and negatives issues towards kretek industry. The approachment used in this study is a qualitative method which data source obtained through interview, survey, and participative observations. As the results of this study indicate that PT. Djarum transforms the threats into their new opportunities. When a product promotion strategy is limited by the regulations, corporate social responsibilities and Public Relations are the next choices to educate and build a relationships with the public of company to increase positive image. In conclusion, the threats can be countered with the formations of a new opinion through the provision of education and the formation of a new opinion leader in the community.