Penerapan Metode Problem Based Learning (PBL) Memanfaatkan Media Pembelajaran Video Tutorial Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar TIK Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Suruh Semester I Tahun Pelajaran 2014/2015

Main Author: Herlianus, Yopentius
Other Authors: Krismiyati, Nikijuluw, George, J.L.
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi FTI-UKSW , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/14010
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa menggunakan metode Problem Based Learning dalam pembelajaran TIK. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dimana pada setiap siklusnya terdiri dari empat tahapan yaitu : perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Instrumen yang digunakan berupa tes, observasi dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII SMA N 1 Suruh, dan sampel yang digunakan adalah kelas XII IPS 1 dengan total sampel 23 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode Problem Based Learning dapat meningkatkan persentase keaktifan belajar siswa serta hasil belajar siswa pada setiap siklus.
  • The purpose of this study is improve the student learning activity and student learning outcomes using Problem Based Learning method in ICT subject. This study used classroom action research, which in every cycle has four stages: plan, act, observe and reflect. The research instruments used are test, observation, dan documentary studies. The population in this study are students of grade XII at SMA N 1 in Suruh, and the sample used in this study are grade XII IPS 1 with a total sample 23 students. The results showed the used of Problem Based Learning methods can improve percentage the student learning activity and students learning outcomes in ICT subject. This is proven by an increase of student learning activity and increase the students learning outcomes in each cycle.