Analisis Penerimaan Siswa terhadap Bahan Ajar Berbasis Komputer Menggunakan Technology Accepted Model (TAM) Studi Kasus SMK Kristen Salatiga

Main Author: Sari, Laksmita
Other Authors: Setiyanti, Angela Atik
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer FTI-UKSW , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/14002
Daftar Isi:
  • Bahan ajar sangatlah menunjang proses kegiatan belajar dan mengajar, jadi haruslah dirancang semenarik mungkin agar siswa dapat memiliki motivasi lebih diantaranya yaitu dengan membuat bahan ajar berbasis komputer (BABK). Namun tidak semua sekolah memanfaatkan bahan ajar berbasis komputer. Penulisan ini bertujuan untuk mengukur penerimaan siswa terhadap bahan ajar berbasis komputer diukur dengan Technology Accepted Model (TAM). Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah metode kuantitatif dengan alat pengambilan data angket dan wawancara. Subjek penulisan adalah siswa kelas X-4 SMK Kristen Salatiga. Data yang didapatkan kemudian diolah menggunakan SPSS.17. Hasil penulisan menunjukkan bahwa penerimaan siswa terhadap BABK sangat tinggi. Hasil belajar siswa juga menunjukkan hasil yang tinggi ketika pembelajaran dilakukan dengan menggunakan komputer.
  • Teaching materials is very supportive of the process of learning and teaching activities, so it should be designed as attractive as possible so that students can have more motivation such as by making computer-based teaching materials (BABK). But not all schools utilize computer-based teaching materials. This study aims to measure student acceptance of computer-based teaching materials measured by Technology Accepted Model (TAM). The method used in this research is quantitative method with questionnaire and interview. The subjects of the study were X-4 students of SMK Kristen Salatiga. The data obtained is then processed using SPSS.17. The results showed that student acceptance of computer-based teaching materials is very high. Student learning outcomes also show high results when learning is done using a computer.