Pemanfaatan Video Sebagai Mediapembelajaran Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran TIK Mengenai Menu dan Ikon Ms. Excel Untuk Siswa Kelas VIII (StudiKasus: SMPN 07 SALATIGA)
Main Author: | Yanti, Herni |
---|---|
Other Authors: | Gundo, Adriyanto J. |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi FTI-UKSW
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/13874 |
Daftar Isi:
- unpublish: info lebih lanjut silahkan menghubungi penulis: Herni Yanti, Pembimbing: Adriyanto J. Gundo
- Tujuan penelitian ini adalah mengetahui aktivitas dan hasil belajar siswa terhadap pemanfaatan video sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran TIK. Penggunaan media pembelajaran menggunakan buku paket, membuat kurangnya aktivitas dan rendahnya nilai TIKdibawah rata-rata yang ditetapkan oleh sekolah. Berdasarkan permasalahan yang ada dari hasil observasi dan wawancara yang dilakukan kepada guru dan siswa, maka dilakukan penelitian dengan pemanfaatan video sebagai media pembelajaran. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode eksperimen dengan desain Pretest – Posttest Nonequivalent Control Group Design.Hasil penelitian menunjukan bahwa pengaruh pemanfaatan video sebagai media pembelajaran lebih tinggi dibandingkan dengan media pembelajaran menggunakan buku paket terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa.
- The purpose of this research is to know about student’s activities and student achievement using video as learning media on the subjects of ICT. Using textbook as a media learning makes student’s lack of activities and the achievement for the subject under the score set by the school. Based on the existing problems from the observation and interview with the teacher and the students afterwards this study using video as a learning media. This experimental research is conducted on a Pretest–Posttest NonequivalentControl Group Design. The analysis result indicatesthat the influence of the use of video as learningmedia is higher than the influence of the use of textbook towards student’s learning outcome and learning activities.