Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran TIK Siswa Kelas XII (Studi Kasus SMA Theresiana Salatiga)
Main Author: | Sijabat, Rumandang |
---|---|
Other Authors: | Paseleng, Mila C., Purwanto |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi FTI-UKSW
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/13866 |
Daftar Isi:
- Model pembelajaran di SMA Theresiana adalah pembelajaran yang berpusat pada guru (teacher center). Dibutuhkan model pembelajaran yang dapat melibatkan siswa sebagai partisipan dalam proses belajar mengajar. Salah satunya adalah model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI). Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan nilai rata-rata hasil belajar kognitif pada kelas kontrol adalah 73.33 dan kelas eksperimen adalah 89.58. Hasil belajar psikomotorik pada kelas kontrol adalah 74.31 dan kelas eksperimen adalah 87.50. Selain itu, keaktifan siswa mencakup kemampuan bertanya dan menjawab pertanyaan tergolong baik dan kemampuan bekerja sama dalam diskusi kelompok tergolong sangat baik.
- Learning model in SMA Theresiana is teacher center learning. Learning model is needed that can involve students as participants in the learning process. One of which is model Team Assisted Individualization (TAI). The method used is an experimental research. The result showed an increase in the average value og cognitive learning outcomes in the control class is 73.33 an the experimental class is 89.58. Psychomotor learning outcomes in the control class is 74.31 and the experimental class is 87.50. In addition, students activity includes the ability to ak and answer the questions quite well and the ability to work together in discussion groups are very good.