Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Tentang Rangka Manusia dan Fungsinya Melalui Metode Pembelajaran Demonstrasi pada Kelas IV Semester 1 SDN 2 Mojorebo Tahun 2011/2012
Main Author: | Handayani, Sri |
---|---|
Other Authors: | Sanoto, Herry |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/1371 |
Daftar Isi:
- Berdasarkan hasil observasi peneliti di kelas IV SD Negeri 2 Mojorebo, bahwa saat proses pembelajaran guru hanya menggunakan metode ceramah maka siswa kurang antusias akhibatnya prestasi siswa sangat rendah. Upaya yang digunakan oleh peneliiti untuk memecahkan masalah diatas dengan menggunakan metode pembelajaran demonstrasi. Penelitian ini bertujuan meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV SD Negeri 2 Mojorebo, Kecamatan Wirosari, Kabupaten Grobogan, pada Kompetensi Dasar Mendeskripsikan hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di Kelas IV SD Negeri 2 Mojorebo, Kecamatan Wirosari dengan jumlah siswa ada 34 siswa, yang terdiri dari 20 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan Adapun tahapan tindakan pembelajaran yang dilakukan peneliti untuk mencapai tujuan adalah perencanaan (planning), pelaksanaan(acting), pengamatan(observation) dan refleksi (reflection). Berdasarkan hasil dugaan sementara bahwa Penggunaan Metode Pembelajaran demonstrasi.