Meningkatkan Kemampuan Membaca Lancar Melalui Permainan Kartu Huruf Tematik Bagi Siswa Kelas II SD Negeri 2 Kenteng Kecamatan Toroh Kabupaten Grobogan Semester 1 Tahun Pelajaran 2011/2012

Main Author: Wangsih, Sri
Other Authors: Slameto
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar PSKGDJ FKIP-UKSW , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/1366
ctrlnum 123456789-1366
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>Meningkatkan Kemampuan Membaca Lancar Melalui Permainan Kartu Huruf Tematik Bagi Siswa Kelas II SD Negeri 2 Kenteng Kecamatan Toroh Kabupaten Grobogan Semester 1 Tahun Pelajaran 2011/2012</title><creator>Wangsih, Sri</creator><contributor>Slameto</contributor><subject>Permainan kartu huruf tematik</subject><subject>hasil belajar bahasa indonesia</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah melalui permainan kartu huruf tematik dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia bagi siswa kelas II SD Negeri 2 Kenteng, Toroh, Grobogan, Semester I Tahun 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek yang diteliti adalah siswa kelas II SD Negeri 2 Kenteng,Toroh, Grobogan semester I Tahun 2011/2012. Model PTK yang digunakan model target dengan dua siklus dan langkah-langkah mulai dari perencanaan, implementasi dan observasi, sampai dengan refleksi. Tehnik analisis yang digunakan statistik diskriptif yakni distribusi frekuensi, mean, skor minimal-maksimal, dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui permainan kartu huruf tematik dapat menjadi sumber belajar untuk meningkatkan kemampuan membaca pada siswa kelas II SD Negeri 2 Kenteng Toroh, Grobogan. Hal ini Nampak pada (1 ) Jumlah siswa yang tuntas dalam pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran yang biasa dan tidak menggunakan permainan kartu huruf tematik sebesar 16,6 %, Yang menggunakan permainan kartu huruf tematik pada siklus I sebesar 53,4 %, dan siklus II sebesar 93,4 % yakni peningkatan ketuntasan terjadi sebesar 36,7 % dan 40 %. (2) Skor rata-rata kelas dalam pembelajaran yang tidak menggunakan permainan kartu huruf tematik sebesar 52,40, yang menggunakan permainan kartu tematik pada siklus I sebesar 59,40 dan siklus II sebesar 69,10 yakni peningkatan sebesar 7 dan 5,7 (3) Skor minimal dan skor maksimal dalam pembelajaran yang tidak menggunakan permainan kartu huruf tematik 30 dan 80 dan yang menggunakan permainan kartu huruf tematik pada siklus I adalah 30 dan 88 dan siklus II adalah 50 dan 88. Ini berarti skor minimal mengalami kenaikan 95 % dan skor maksimal mengalami kenaikan 0 %.</description><date>2013-02-25T08:27:14Z</date><date>2013-02-25T08:27:14Z</date><date>2012</date><type>Thesis:Thesis</type><identifier>12040116</identifier><identifier>262010722</identifier><identifier>http://repository.uksw.edu/handle/123456789/1366</identifier><language>ind</language><type>File:application/pdf</type><type>File:application/pdf</type><type>File:application/pdf</type><type>File:application/pdf</type><type>File:application/pdf</type><type>File:application/pdf</type><type>File:application/pdf</type><type>File:application/pdf</type><publisher>Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar PSKGDJ FKIP-UKSW</publisher><recordID>123456789-1366</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
File:application/pdf
File
author Wangsih, Sri
author2 Slameto
title Meningkatkan Kemampuan Membaca Lancar Melalui Permainan Kartu Huruf Tematik Bagi Siswa Kelas II SD Negeri 2 Kenteng Kecamatan Toroh Kabupaten Grobogan Semester 1 Tahun Pelajaran 2011/2012
publisher Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar PSKGDJ FKIP-UKSW
publishDate 2013
topic Permainan kartu huruf tematik
hasil belajar bahasa indonesia
url http://repository.uksw.edu/handle/123456789/1366
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah melalui permainan kartu huruf tematik dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia bagi siswa kelas II SD Negeri 2 Kenteng, Toroh, Grobogan, Semester I Tahun 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek yang diteliti adalah siswa kelas II SD Negeri 2 Kenteng,Toroh, Grobogan semester I Tahun 2011/2012. Model PTK yang digunakan model target dengan dua siklus dan langkah-langkah mulai dari perencanaan, implementasi dan observasi, sampai dengan refleksi. Tehnik analisis yang digunakan statistik diskriptif yakni distribusi frekuensi, mean, skor minimal-maksimal, dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui permainan kartu huruf tematik dapat menjadi sumber belajar untuk meningkatkan kemampuan membaca pada siswa kelas II SD Negeri 2 Kenteng Toroh, Grobogan. Hal ini Nampak pada (1 ) Jumlah siswa yang tuntas dalam pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran yang biasa dan tidak menggunakan permainan kartu huruf tematik sebesar 16,6 %, Yang menggunakan permainan kartu huruf tematik pada siklus I sebesar 53,4 %, dan siklus II sebesar 93,4 % yakni peningkatan ketuntasan terjadi sebesar 36,7 % dan 40 %. (2) Skor rata-rata kelas dalam pembelajaran yang tidak menggunakan permainan kartu huruf tematik sebesar 52,40, yang menggunakan permainan kartu tematik pada siklus I sebesar 59,40 dan siklus II sebesar 69,10 yakni peningkatan sebesar 7 dan 5,7 (3) Skor minimal dan skor maksimal dalam pembelajaran yang tidak menggunakan permainan kartu huruf tematik 30 dan 80 dan yang menggunakan permainan kartu huruf tematik pada siklus I adalah 30 dan 88 dan siklus II adalah 50 dan 88. Ini berarti skor minimal mengalami kenaikan 95 % dan skor maksimal mengalami kenaikan 0 %.
id IOS3115.123456789-1366
institution Universitas Kristen Satya Wacana
institution_id 295
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Kristen Satya Wacana
library_id 271
collection Institutional Repository of Satya Wacana Christian University
repository_id 3115
subject_area Agama
Ekonomi
Pendidikan
city KOTA SALATIGA
province JAWA TENGAH
repoId IOS3115
first_indexed 2022-09-30T07:41:58Z
last_indexed 2022-11-16T03:35:07Z
recordtype dc
_version_ 1766011949725777920
score 17.13294