Peningkatan Hasil Membaca Permulaan Melalui Permainan Puzzle Bagi Siswa Kelas 1 Semester 1 SD Negeri 3 Sindurejo Kecamatan Toroh Kabupaten Grobogan Tahun 2011/2012

Main Author: Aryani, Sulistyo
Other Authors: Sarwono, Ridha
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar PSKGDJ FKIP-UKSW , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/1362
Daftar Isi:
  • Masalah yang utama pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas I SD Negeri 3 Sindurejo KecamatanToroh Kabupaten Grobogan Tahun 2011/2012. Hasil belajar Bahasa Indonesia pada aspek membaca merupakan bagian terpenting dalam keberhasilan suatu pembelajaran. Salah satu faktor keberhasilan suatu pembelajaran ditentukan oleh pendekatan dan model pembelajaran yang digunakan oleh seorang guru. Dalam kaitan ini guru harus cermat dalam memilih pendekatan dan model yang cocok digunakan untuk lingkungannya. Pembelajaran membaca permulaan, sangat memerlukan strategi pembelajaran yang tepat agar terjadi interaksi antar siswa, dan informasi atau bahan ajar dapat diterima serta diserap dengan baik oleh siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat dipergunakan, adalah dengan menerapkan permainan puzzle dalam pembelajaran, khususnya membaca. Berdasarkan observasi kondisi awal, hasil belajar membaca permulaan, siswa kelas 1 SD Negeri 3 Sindurejo kecamatan Toroh kabupaten Grobogan masih rendah, ditandai dengan masih rendahnya prosentase ketuntasan belajar siswa, yang perlu ditingkatkan. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah: Apakah permainan puzzle dapat meningkatkan hasil belajar membaca permulaan bagi kelas I, semester I SD Negeri 3 Sindurejo Kecamatan Toroh, Kabupaten Grobogan Tahun pelajaran 2011 / 2012. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif berjenis penelitian tindakan kelas, yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi, dan terdiri dari dua siklus, yang setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar membaca permulaan. Prosentase ketuntasan siswa pada kondisi awal adalah 53,64%, meningkat menjadi 75% pada siklus1. Bahkan, kalau dikaitkan dengan SKM yang dipatok sekolah (75%), hasil evaluasi siklus 2 menunjukan pencapaian ketuntasan belajar sampai 92,56%. Pencapaian hasil ketuntasan belajar yang signifikan, membuktikan bahwa permainan puzzle cocok digunakan dalam pembelajaran membaca permulaan pada siswa kelas I SD Negeri 3 Sindurejo, kecamatan Toroh, kabupaten Grobogan, dan perlu disosialisasikan serta dijadikan sebagai alternatif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia.