Meningkatkan Hasil Belajar IPA dengan Menerapkan Pembelajaran Berbasis Inkuiri pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 1 Ngembak Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan Semester 1 Tahun Ajaran 2011/2012
Main Author: | Purwanto |
---|---|
Other Authors: | Suroso |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar PSKGDJ FKIP-UKSW
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/1354 |
Daftar Isi:
- Untuk bias mempelajari sesuatu dengan baik, kita perlu mendengar, melihat, mengajuka npertanyaan tentangnya, dan membahasnya dengan orang lain. Bukan Cuma itu, siswa perlu “mengerjakannya�, yakni menggambarkan sesuatu dengan cara mereka sendiri, menunjukkan contohnya, mencoba mempraktekkan keterampilan dan mengerjakan tugas yang menuntut pengetahuan yang telah mereka dapatkan. Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah: (a) Bagaimanakah peningkatan prestasi belajar siswa dengan diterapkannya pembelajaran berbasis inkuiri? (b) Bagaimanakah pengaruh model pembelajaran berbasis inkuiri terhadap hasil belajar siswa? Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Ingin meningkatkan seberapa jauh pemahaman dan penguasaan mata pelajaran IPA setelah diterapkannya pembelajaran berbasis inkuiri. (b) Ingin meningkatkan hasil belajar siswa setelah diterapkan pembelajaran berbasis inkuiri. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran.Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelasV SDN 1 Ngembak. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.Dari hasil analis didapatkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu, siklus I (60,71 %), siklus II (85,71 %). Simpulan dari penelitian ini adalah metode pembelajaran berbasis inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar Siswa kelas V SDN 1 Ngembak serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative pembelajaran IPA.