Peningkatan Hasil Belajar Matematika Tentang Geometri Melalui Pendekatan Pembelajaran Kontekstual dengan Metode Tutor Sebaya Siswa Kelas Vi SD Negeri 1 Ngrandu Tahun Pelajaran 2011/2012
Main Author: | Ngalimi, Muhamad |
---|---|
Other Authors: | Harjono, Nyoto |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar PSKGDJ FKIP-UKSW
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/1353 |
Daftar Isi:
- Masalah utama dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Matematika pada materi geometri siswa kelas VI semester I di SD Negeri 1 Ngrandu Kecamatan Geyer Kabupaten Grobogan tahun pelajaran 2011/2012, sehingga berimplikasi pada rendahnya hasil belajar Matematika. Kemampuan memahami konsep merupakan bagian terpenting dalam keberhasilan pembelajaran, disinilah peran seorang guru menempati garis terdepan dalam pelaksanaan pembelajaran. Penggunaan berbagai pendekatan dan model dalam pembelajaran merupakan upaya guru untuk mencapai tujuan yang optimal. Salah satu upaya guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa adalah dengan penggunaan pendekatan pembelajaran kontekstual dengan metode tutor sebaya yang diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dari uraian di atas penelitian ini difokuskan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika pada siswa kelas VI semester I di SD Negeri 1 Ngrandu Kecamatan Geyer Kabupaten Grobogan tahun pelajaran 2011/2012. Metode yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah dengan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Alat pengumpul data yang digunakan terdiri instrumen pembelajaran, evaluasi (tes dan non tes) serta instrumen observasi bagi guru dan bagi siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus pembelajaran dan setiap siklus terdiri dari 3 pertemuan. Subyek yang diteliti adalah siswa kelas VI SD Negeri 1 Ngrandu Kecamatan Geyer Kabupaten Grobogan yang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 22 siswa perempuan dengan jumlah 30 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum perbaikan pembelajaran siswa yang tuntas KKM > 65 hanya 9 siswa dari 30 siswa (30%). Pada Perbaikan pembelajaran siklus I siswa yang tuntas KKM > 65 meningkat menjadi 13 siswa (43,3%). Dan pada perbaikan pembelajaran siklus II siswa yang tuntas KKM > 65 meningkat lagi menjadi 28 siswa ( 93,3%). Dan tinggal 2 siswa (6,7%) yang belum tuntas materi Geometri. Penggunaan pendekatan pembelajaran kontekstual dengan metode tutor sebaya terbukti dapat meningkatkan hasil belajar Matematika materi Geometri pada kelas VI semester 1 di SD Negeri 1 Ngrandu Kecamatan Geyer Kabupaten Grobogan tahun pelajaran 2011/2012.