Pemanfaatan Alat Peraga Benda – Benda Nyata untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Tentang Pengukuran Panjang dengan Satuan Tak Baku pada Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar Negeri 3 Tambirejo Semester 1 Tahun Pelajaran 2011 / 2012.

Main Author: Rusminah, Min
Other Authors: Slameto
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar PSKGDJ FKIP-UKSW , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/1351
Daftar Isi:
  • Pe Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui : Apakah alat – alat peraga benda – benda nyata dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 1 semester 1 tahun pelajaran 2011/2012 di SD Negeri 3 Tambirejo, Kecamatan Toroh, Kabupaten Grobogan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Yang terdiri 2 siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas 1 SD Negeri 3 Tambirejo Kecamatan Toroh Kabpaten Grobogan, sebanyak 29 siswa (12 siswa perempuan dan 17 siswa laki – laki), pada mata pelajaran matematika tentang pengukuran panjang dengan alat peraga benda – benda nyata. Analisis data menggunakan teknik analisis diskriptif kuantitatif dengan mean, skor tertinggi, skor terendah disajikan dalam bentuk tabel kemudian dideskripsikan berdasarkan data yang telah dianalisis dan ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui pemanfaatan alat peraga benda – benda nyata dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 1 dalam pembelajaran matematika tentang pengukuran panjang dengan satuan tak baku semester I tahun pelajaran 2011/2012 di SD Negeri 3 Tambirejo Kecamatan Toroh Kabupaten Grobogan. Hal ini terlihat bahwa pada nilai rata – rata pra siklus yang mencapai 60,34 naik menjadi 83,10 pada siklus 2. Saran : Tingkatkan belajar siswa dengan menambah jam pembelajaran 15 menit sebelum masuk setiap hari.