Evaluasi Implementasi Program Bahasa Portugis sebagai Bahasa Pengantar dalam PBM pada SMP di Timor Leste Tahun Ajaran 2016
Main Author: | Soares, Luis |
---|---|
Other Authors: | Sulasmono, Bambang Suteng, Ismanto, Bambang |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Magister Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana FKIP-UKSW
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/13312 |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis context, input, process, product program Bahasa Portugis pada Pendidikan Dasar di Timor-Leste. Jenis penelitian adalah penelitian evaluatif dengan model evaluasi CIPP. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, studi dokumentasi dan angket. Beberapa tahapan yang dilakukan pada analisis data dalam penelitian ini meliputi: pengumpulan data, reduksi data, display data dan verifikasi. Validasi data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Dari aspek Context, program Bahasa Portugis merupakan kebutuhan politik nasional yang dibuat oleh para pemimpin bangsa untuk membina persatuan dan kesatuan bangsa Timor-Leste, yang secara tidak langsung menjadi kebutuhan Pendidikan Dasar Hera dan Pendidikan Dasar Sacrojes, (2) Pada aspek Input, Desain Program terlihat mampu memenuhi kebutuhan akan perlunya program bahasa Portugis untuk menjamin ilmu pengetahuan guru dan siswa yang masih sangat minim, dan didukung oleh Kurikulum, SDM, Sarana prasarana, pembiayaan dan pemberdayaan walaupun hasilnya belum efektif, (3) Pada aspek Process, Program Bahasa Portugis telah berjalan sesuai dengan perencanaan program pemerintah hanya saja pada pelaksanaanya terdapat hambatan yakni terbatasnya sarana dan biaya yang dimiliki sekolah, dan (4) Pada aspek Product, sasaran yang hendak dicapai dalam program bahasa Portugis yaitu penguasaan bahasa Portugis belum tercapai secara maksimal sehingga masih membutuhkan pemberdayaan berkelanjutan bagi semua tenaga pendidik pada Pendidikan Dasar.
- The purpose of this research is to analyze the context, input, process, product of Portuguese program on Primary Education in Timor-Leste. The type of research is evaluative research with CIPP evaluation model. Data collection techniques used interviews, observation, documentation studies and questionnaires. Several steps performed on data analysis in this study include: data collection, data reduction, data display and verification. Data validation using technique triangulation and source triangulation. The results of the study show: (1) From the context, the Portuguese program is a national political need created by the leaders of the nation to foster the unity and integrity of the nation of Timor-Leste, which indirectly becomes the need for Basic Education of Hera and Sacrojes Basic Education (2 ) In the Input aspect, the Program Design is able to meet the need for a Portuguese program to ensure the knowledge of teachers and students is still very minimal, and supported by curriculum, human resources, infrastructure facilities, financing and empowerment although the results have not been effective, (3) On Aspect of Process, Portuguese Program has been run in accordance with the government program planning only in the implementation there are obstacles such as the limited facilities and costs owned by the school, and (4) In product aspect, the target to be achieved in the Portuguese language program is the mastery of Portuguese language has not been achieved to the extent that it still needs a bundle Sustainable empowerment for all educators in Basic Education.