Strategi Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru untuk Meningkatkan Mutu SMA Sedes Sapientiae Jambu

Main Author: Tyagita, Brigitta Putri Atika
Other Authors: Sulasmono, Bambang Suteng, Iriani, Ade
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Magister Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana FKIP-UKSW , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/13290
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan strategi peningkatan kompetensi pedagogik guru untuk meningkatkan mutu sekolah. Kompetensi pedagogik guru penting untuk dimiliki supaya guru dapat memahami dan dapat mengarahkan siswa untuk belajar dengan baik dan tepat, dan dapat membantu siswa mengaktualisasikan potensi mereka. Kompetensi pedagogik guru dapat meningkatkan mutu sekolah karena mutu sekolah salah satunya dilihat dari guru yang profesional dan kinerja yang baik. Subjek penelitian ini adalah 1 Kepala Sekolah, 1 wakil kepala sekolah, 6 guru yang terdiri dari 1 guru IPA, 2 guru IPS dan 2 guru mata pelajaran Bahasa, dan 1 guru mata pelajaran umum. Data penelitian diambil melalui wawancara, observasi, dan studi dokumen dengan triangulasi sumber. Analisis data menggunakan SWOT untuk menganalisis faktor internal dan eksternal, yaitu kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang dimiliki sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru untuk meningkatkan mutu sekolah. Hasil dari analisis SWOT menunjukan bahwa sekolah berada pada kuadran SO atau strength-opportunity, yaitu mendukung strategi agresif dengan memanfaatan kekuatan dan peluang yang dimiliki sekolah untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru. Dengan mengoptimalkan faktor kekuatan dan peluang sekolah didapatkan 5 rencana strategi peningkatan kompetensi pedagogik guru dengan menekankan kerja sama antar guru, siswa dan juga orang tua. Rencana strategi yang diperoleh yaitu mengoptimalkan kolaborasi antar guru, kolaborasi antar guru dan siswa, mengoptimalkan dukungan dari pihak eksternal, mengoptimalkan pengembangan pedagogik guru, dan meningkatkan kerja sama pengajar, murid, dan orang tua.
  • This study aimed to obtain a strategy to increase pedagogic competence of teacher to improve school quality. Teacher pedagogy competencies are important to have so that the teacher can understand and direct students to learn well and appropriately, and can help students to actualize their potential. Pedagogy competence of teachers can improve the school quality because the quality of school one of them seen from a professional teacher and good performance. The subject of this study were 1 principal, 1 vice principal, 6 teachers consisting of 1 science teacher, 2 social studies teachers and 2 language teachers, and 1 general subject teacher. The research data was taken through interview, observation, and document study with source triangulation. Data analysis using SWOT to analyze internal and external factors, namely strengths, weaknesses, opportunities, and threats that schools have in improving teacher pedagogic competence to improve school quality. The results of the SWOT analysis shows that schools are in the SO or strength-opportunity quadrant, which supports aggressive strategies by utilizing the strengths and opportunities that schools have to improve teacher pedagogic competence. By optimizing the strength factor and the school opportunity, there are 5 strategic plans to increase pedagogic competence of teachers by emphasizing cooperation among teachers, students and also parents. The strategic plan is to, optimize collaboration among teachers, collaboration between teachers and students, optimize external support, optimize teacher pedagogical development, and improve teacher, student and parent collaboration.