Hubungan antara Konsep Diri dan Kecemasan Komunikasi pada Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga

Main Author: Witjaksono, Priska Christina Yulianti
Other Authors: Wahyuningrum, Enjang
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Psikologi FPSI-UKSW , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/13110
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Konsep Diri dan Kecemasan Komunikasi pada Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga. Hipotesis penelitian ini yaitu terdapat hubungan negatif antara Konsep Diri dan Kecemasan Komunikasi pada Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga. Metode penelitian yang digunakan adalah Purposive Sampling, dengan populasi penelitian yaitu mahasiswa FKIP yang ada di UKSW dan jumlah sampel yang digunakan yaitu sebanyak 100 partisipan. Teknik pengambilan data menggunakan skala yang telah dikembangkan dan disusun berdasarkan Personal Report Communication Apprehension (PRCA-24) yang dibuat oleh James C. McCroskey yaitu untuk mengukur kecemasan komunikasi, dan untuk mengukur konsep diri menggunakan Tennesse Self Concept Scale (TSCS) yang dibuat oleh William H. Fitts. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan dengan menggunakan teknik statistik uji korelasi Product Moment dari Pearson, maka didapatkan skor signifikansi sebesar 0,000 (p<0,001) yang berarti bahwa terdapat hubungan negatif antara konsep diri dan kecemasan komunikasi pada mahasiswa FKIP UKSW.
  • This study aims to determine the relationship between Self-concept and Communication Apprehension at Faculty of Teacher Training and Education Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga. The hypothesis of this research that there is a negative relationship between Self-Concept and Communication Apprehension at Faculty of Teacher Training (FKIP) and Education Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga (UKSW). The method used is purposive sampling, the study population are students of FKIP SWCU and the number of samples are 100 participants. Data collection techniques using a scale that has been developed and compiled based on Personal Report Communication Apprehension (PRCA-24) made by James C. McCroskey is to measure communication apprehension, and to measure self-concept using the Tennesse Self Concept Scale (TSCS) made by William H. Fitts. Based on the results of the data analysis was conducted using a statistical technique test correlation product moment of pearson, so obtained a score significance is 0,000 (p<0,001) which means that there is a negative relation between the self-concept and communication apprehension at students of FKIP UKSW.