Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Siswa Kelas IV SD Negeri Salatiga 09 Semester II Tahun Ajaran 2015/2016
Main Author: | Polinawati |
---|---|
Other Authors: | Sumiyarso |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/13029 |
Daftar Isi:
- Dalam Pembelajaran IPA di SD Negeri Salatiga 09 kecamatan Siderejo khususnya siswa kelas IV masih belum maksimal, dari 39 siswa yang memiliki nilai diatas KKM 70 hanya ada 9 siswa dengan persentase 23% Tuntas, sedangkan 30 siswa dengan persentase 77% dengan nilai dibawah KKM 70 belum tuntas. Siswa kurang serius menerima atau mendengarkan penjelasan materi dari guru, sering mengobrol dengan teman sehingga hasil belajar siswa pun masih kurang dari KKM 70. Oleh karena itu untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa, yaitu dengan menggunakan model kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan pembelajaran kooperatif tipe Number Heads Togethether (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri Salatiga 09 semester II tahun ajaran 2015/2016. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Variabel penelitian yaitu variabel bebas yaitu model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan variabel terikatnya adalah hasil belajar IPA siswa. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Pada siklus I dilaksanakan dua kali pertemuan dan pada siklus II juga dilaksanakan 2 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yaitu dengan menggunakan lembar observasi dan dengan mengadakan post tes tertulis pilihan ganda. Teknik analisis data menggunakan data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kondisi pra siklus hasil belajar siswa yaitu sebanyak 9 siswa dengan persentase 23% dengan nilai diatas KKM 70 sedangkan 30 siswa dengan persentase 77% dengan nilai dibawah KKM 70 dengan nilai rata-rata 57,43. Pada siklus I hasil belajar meningkat menjadi 30 siswa dengan persentase 77% mendapat nilai diatas KKM 70 dan 9 siswa degan persentase 23% mendapat nilai dibawah KKM 70 dengan nilai rata-rata 78,84. Pada siklus II hasil belajar siswa meningkat lagi menjadi 34 siswa dengan persentase 87% dan nilai dibawah KKM 70 ada 5 siswa dengan persentase 13% dengan nilai rata-rata 90,90. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui pembelajaran kooperatif tipe Numbered HeadsTogether (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri Salatiga 09 semester II tahun ajaran 2015/2016.