Upaya Peningkatan Minat Belajar dan Peningkatan Ketuntasan Hasil Belajar IPA dengan Menggunakan Model Pembelajaran Children Learning in Sciences (CLIS) pada Siswa Kelas III SD Negeri Dukuh 03 Salatiga Semester II Tahun Ajaran 2015/2016
Main Author: | Bustani |
---|---|
Other Authors: | Padmomartono, Sumardjono |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/13028 |
Daftar Isi:
- Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Dukuh 3 yang berjumlah 30 siswa. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, diketahui bahwa sebelum tindakan, dari total jumlah siswa yaitu 30 siswa, siswa yang dinyatakan tuntas mencapai 13 siswa (43%) dan siswa yang belum mencapai ketuntasan adalah 17 siswa (57%). Kondisi ketuntasan ini berubah setelah diberikan tindakan dengan menggunakan model pembelajaran CLIS pada pelajaran IPA materi penampakan permukaan bumi pada siklus I. Pada siklus I, terjadi peningkatan ketuntasan hasil belajar, yaitu meningkat menjadi 23 siswa (76,67%) dan siswa yang belum tuntas mengalami penurunan menjadi 7 siswa (23,33%) kemudian pada siklus II, terjadi peningkatan jumlah siswa yang tuntas belajar menjadi 23 siswa (100%). Selain itu minat belajar siswa pada pembelajaran IPA juga meningkat secara signifikan dari siklus I ke siklus II yaitu terbukti dengan perolehan skor minat belajar siswa pada siklus I yaitu mendapat skor dengan prosentase 83,75% (kategori Baik) dan meningkat pada siklus II dengan perolehan skor secara prosentase sebesar 91,67% (kategori Baik Sekali). Dari hasil penelitian yang telah dilakukan maka disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran CLIS dapat meningkatkan hasil belajar IPA serta minat belajar pada siswa kelas III SDN Dukuh 03 semester II tahun pelajaran 2015/2016.