Upaya Peningkatan Minat Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Snowball Throwing dan Pendekatan Project Based Learning Siswa Kelas 4 SDN 07 Boyolali Kota Boyolali Semester 2 Tahun Pelajaran 2015/2016

Main Author: Novitasari, Erma
Other Authors: Wardani, Naniek Sulistya
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/13021
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah peningkatanminat belajar IPS dapatdiupayakanmelaluimodel pembelajaran ST dan pendekatanPjBL siswakelas 4 SDN 07 Boyolali Kota Boyolali semester 2 tahunpelajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan model spiral, yang dikemukakan oleh Stephen Kemmis dan Robin Mc Taggart. Prosedur penelitian sebanyak dua siklus. Setiap siklus memiliki tiga tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan dan observasi,serta refleksi. Masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subyek penelitian adalah siswa sebanyak 43 siswa. Teknikpengumpulan data berupa angket minat belajar IPS, dengan instrumen penelitianberupabutir pernyataan minat belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif komparatif yang digunakan untuk membandingkan minat belajar IPS antara siklus 1 dan siklus 2. HasilpenelitianinimenunjukkanpeningkatanminatbelajarIPS KD 2.3 dan 2.4 dapat diupayakan melaluimodel pembelajaran STdan pendekatan PjBL siswa kelas4 SDN Boyolali 07 Kota Boyolali semester 2tahun pelajaran 2015/2016 terbukti. Hal ini ditunjukkan oleh perbandingan yang nampak ada peningkatan siklus 1 dan siklus 2 minat belajar IPS yang tinggi adalah 29 : 35. Penelitian ini dikatakan berhasil yang ditunjukkan oleh 81% >80% dari seluruh siswa memiliki minat belajar IPS yang tinggi sesuai dengan indikator yang ditetapkan. Berdasarkan hasilpenelitianinidisarankanguru berkomitmen untuk mendesain pembelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran STdan pendekatan PjBL, sehingga guru dapat meningkatkan minat belajar IPS siswa.