Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Pembelajaran TPS (Think Pair and Share) Berbantu Media Benda Konkrit Siswa Kelas 5 SDN Sariyoso Wonosobo Semester 2 Tahun Pelajaran 2015/2016
Main Author: | Wigrahanto, Ersa |
---|---|
Other Authors: | Slameto |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/13019 |
Daftar Isi:
- Tidak diijinkan karya tersebut diunggah ke dalam aplikasi Repositori Perpustakaan Universitas dikarenakan diterbitkan pada Jurnal Pendidikan Indonesia Volumen 3 Nomor 7, Juli 2016. Dapat diakses http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php.
- Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah metode yang digunakan oleh guru belum efektif, anggapan siswa bahwa pembelajaran matematika merupakan mata pelajaran yang sulit dan tidak menyenangkan, belum menggunakan media yang menarik, serta guru kurang melibatkan siswa dalam kegiatan belajar mengajar. Hal tersebut menyebabkan hasil belajar siswa masih rendah. Penelitian ini bertujuan dari penelitian untuk meningkatkan hasil belajar matematika melalui metode pembelajaran TPS (Think Pair and Share) berbantu media konkrit dan menjelaskan langkah metode pembelajaran matematika dengan menggunakan TPS (Think Pair and Share) berbantu media konkrit. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan model dari Kemis dan Mc. Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus yang disetiap siklusnya terdiri dari 3 kali pertemuan. Subyek penelitian yaitu siswa kelas 5 SDN Sariyoso Wonosobo yang terdiri dari 32 siswa. Intrumen pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Instrumen penelitian berupa soal tes, lembar pengamatan, dan observasi. Hasil penelitian yang telah dilaksanakan menunjukkan peningkatan hasil belajar matematika setelah menggunakan metode pembelajaran TPS (Think Pair and Share) berbantu media benda konkrit. Peningkatan dapat dilihat dari ketuntaan persentase pada siswa sebelum tindakan yaitu hanya 34,375 %. Setelah dilaksanakan tindakan pada siklus 1 meningkat menjadi 62,5 % dan pada siklus 2 meningkat menjadi 90,63 %. Langkah-langkah metode pembelajaran TPS (Think Pair and Share) berbantu media benda konkrit disesuaikan dengan proses meningkatkan hasil belajar. Saran yang dapat penulis ajukan berkenaan dengan penelitian adalah guru dapat menggunakan metode pembelajaran TPS (Think Pair and Share) berbantu media benda konkrit dalam pembelajaran matematika sebagai alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa, yang disesuaikan dengan karakteristik siswa.