Penggunaan Metode Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 4 SD N Ketapang 01 Kecamatan Susukan Kabupaten Semarang Semester II Tahun Ajaran 2015-2016

Main Author: Perdana, Surya Ariz
Other Authors: Slameto
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/13014
Daftar Isi:
  • Tidak diijinkan karya tersebut diunggah ke dalam aplikasi Repositori Perpustakaan Universitas dikarenakan diterbitkan pada Jurnal Pendidikan Dasar Volume 4 Nomor 2, September 2016. Dapat Diakses http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php.
  • Latar belakang masalah penelitian adalah guru dalam menyampaikan materi pelajaran matematika berupa tugas dan ceramah. Dengan itu mengakibatkan siswa kurang antusias dan tidak aktif dalam pembelajaran dan hasil belajar matematika siswa kelas 4 SD N Ketapang 01 menjadi rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa dan mendeskripsikan langkah-langkah metode Problem Based Learning (PBL) berbantuan media audio visual. Jenis penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Subjek penelitian siswa kelas 4 SD N Ketapang 01 sebanyak 21 siswa. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Instrumen penelitian berupa soal tes esay, lembar pengamatan dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa menggunakan metode PBL berbantuan media audio visual. Peningkatan hasil belajar siswa dilihat dari nilai rata-rata klasikal, sebelum dilakukan tindakan adalah 68,7, setelah diadakan siklus I meningkat menjadi 78,5, dan siklus II meningkat menjadi 87,8. Ketuntasan hasil belajar siswa pada pra siklus sebesar 42,9%, setelah dilaksanakan tindakan siklus I meningkat menjadi 76,9%, dan siklus II meningkat lagi menjadi 90,47%. Langkah-langkah metode pembelajaran PBL berbantuan media audio visual disesuaikan dengan standar proses dan dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Saran dalam penelitian adalah diharapkan guru dapat menerapkan metode PBL berbantuan media audio visual dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika, keaktifan siswa dalam pembelajaran meningkat, menambah karya di perpustakaan sekolah, dapat melengkapi kelemahan penelitian sebelumnya dan menemukan hal baru yaitu penerapan PBL berbantuan media audio visual berbasis EEK.