Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Pendekatan Problem Based Learning (PBL) dan Model Numbered Heads Together (NHT) Siswa Kelas 4 SD Negeri Blotongan 01 Salatiga Semester II Tahun Pelajaran 2015/2016
Main Author: | Setyohadi, Dyah Pramudhita |
---|---|
Other Authors: | Wardani, Naniek Sulistya |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/13013 |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah peningkatan hasil belajar IPS dapat diupayakan melalui pendekatan problem based learning (PBL) dan model numbered heads together (NHT) siswa kelas 4 SD Negeri Blotongan 01 Salatiga semester II tahun pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) menggunakan model spiral, yang dikemukakan C. Kemmis dan Mc Taggart. Prosedur penelitian ada dua siklus. Setiap siklus memiliki tiga langkah yaitu langkah perencanaan, pelaksanaan tindakan dan observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas 4 SD Negeri Blotongan 01 Salatiga yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes dengan instrumen tes adalah butir soal dan nontes adalah lembar observasi dilengkapi dengan rubrik pengukuran afektif dan psikomotor. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, peningkatan hasil belajar IPS KD 2.3 dapat diupayakan melalui penggunaan pendekatan PBL dan model NHT siswa kelas 4 SD Negeri Blotongan 01 Salatiga semester II tahun pelajaran 2015/2016 dengan KKM ≥ 90, terbukti. Hal ini ditunjukkan dengan perbandingan hasil belajar IPS berdasarkan (1) ketuntasan belajar antara siklus 1 : siklus 2 adalah 14 : 18, (2) skor minimum antara siklus 1 dan siklus 2 adalah 78 : 82, (3) skor maksimum siklus 1 dan siklus 2 adalah 100 : 100, dan (4) skor rata-rata antara siklus 1 : siklus 2 adalah 92,15 : 95,85. Penelitian ini dinyatakan berhasil ditunjukkan oleh jumlah siswa yang tuntas sebanyak 18 siswa melebihi target yang ditetapkan dalam indikator kinerja yaitu ≥ 85% dari seluruh siswa.