Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Siswa Kelas V Semester I SDN Mukiran 04 Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2015/2016

Main Author: Hermanto, Adi
Other Authors: Susiyanto
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/13007
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan “Untuk mengetahui Bagaimana Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA melalui model Pembelajaran Cooperative Tipe Numbered Heads Together (NHT) pada Kelas V Semester I Tahun Ajaran 2015/2016 SD Negeri Mukiran 04”. Pada kondisi awal hasil belajar mata pelajaran IPA masih rendah hal ini disebabkan karena proses pembelajaran sains yang dilakukan guru cenderung masih bersifat teacher centered; dalam proses pembelajaran guru lebih mengandalkan metode ceramah serta materi sains yang diajarkan juga masih kurang dihubungkan dengan kehidupan sehari-hari siswa, maka dari itu penulis melakukan penelitian. Jenis penilitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam 2 siklus, dari setiap siklus terdiri dari tiga tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan dan observasi, refleksi, pada siklus I dan II masing-masing dilaksanakan dalam 2 pertemuan dengan alokasi waktu 2 x 35 menit. Data hasil belajar kognitif diperoleh melalui tes, data hasil belajar afektif, dan psikomotorik dengan menggunakan lembar observasi. Subjek penelitian ini adalah kelas V SD Negeri Mukiran 04 Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Semarang Semester I Tahun Pelajaran 2015/2016 yang memiliki jumlah siswa sebanyak 27 siswa, terdiri dari 8 siswa laki – laki dan 19 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan hasil belajar siswa dapat ditunjukkan dengan perbandingan peningkatan hasil belajar kondisi awal dari 27 siswa yaitu 5 siswa mendapatkan hasil tuntas atau 18,52% dan yang tidak tuntas sebanyak 22 siswa atau 81,48% dengan rata-rata 59,2 dan nilai tertinggi 76,0 sedangkan nilai terendah 41,8 dan mengalami peningkatan pada siklus I dengan nilai siswa yang tuntas dengan 15 siswa atau 55,56% sedangkan siswa yang tidak tuntas sebanyak 12 siswa atau 44,44% dan nilai rata-rata adalah 73,3 serta nilai tertinggi adalah 86,6 dan nilai terendah adalah 40,0. Selanjutnya meningkat kembali pada siklus II dengan hasil sebanyak 27 siswa atau 100% mendapatkan ketuntasan nilai dengan KKM=65 yang telah ditetapkan. Dari hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa penelitian melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together pada siswa Sekolah Dasar Negeri Mukiran 04 dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara optimal, serta telah menunjukkan ketercapaian kriteria ketuntasan sesuai indikator keberhasilan yang menunjukkan sebanyak 100% siswa sudah mendapat nilai > 65.