Peningkatan Keaktifan Pembelajaran dan Hasil Belajar Muatan Matematika Tema Indahnya Kebersamaan Melalui Model Discovery Learning Siswa Kelas 4 B SDN Pati Kidul 01 Semester I Tahun Pelajaran 2016/2017
Main Author: | Andayani, Arum Isti |
---|---|
Other Authors: | Harjono, Nyoto |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar PSKGDJ FKIP-UKSW
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/13001 |
Daftar Isi:
- Latar belakang dari penelitian ini adalah rendahnya rasa ingin tahu, adanya rasa takut untuk menyampaikan pendapat, kurang berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran, serta melihat kondisi para siswa yang masih membutuhkan waktu untuk beradaptasi pada tahun pelajaran 2016/2017. Rumusan masalahnya adalah bagaimana penerapan model discovery learning dalam peningkatan keaktifan dan apakah dapat meningkatkan hasil belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan pembelajaran dan hasil belajar muatan Matematika siswa kelas 4 B SDN Pati Kidul 01 melalui model discovery learning pada tema Indahnya Kebersamaan Tahun Pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan desain penelitian menurut Arikunto yang terdiri dari tiga tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan dan observasi, dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus yang masing-masing terdiri dari tiga kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 4 B SDN Pati Kidul 01 yang berjumlah 36 siswa, terdiri dari 22 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data berupa teknik tes, dokumentasi, dan observasi. Dalam penelitian ini, pembelajaran mengacu pada langkah-langkah model discovery learning yang terdiri atas enam tahapan yaitu stimulasi, identifikasi masalah, pengumpulan data, pengolahan data, pembuktian dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan pembelajaran setelah pelaksanaan tindakan siklus I rata-rata skor aktivitas guru mencapai 78% dari rata-rata aktivitas pembelajaran. Pada siklus II rata-rata skor aktivitas guru mengalami peningkatan menjadi 86% dari rata-rata aktivitas pembelajaran. Rata-rata skor aktivitas siswa juga mengalami peningkatan. Pada siklus I rata-rata skor aktivitas siswa mencapai 76%, kemudian pada siklus II rata-rata skor meningkat menjadi 89%. Rata-rata hasil belajar muatan Matematika pada kondisi awal nilai rata-rata siswa yaitu 69 dengan presentase ketuntasan 39%. Pada pembelajaran Siklus I dengan menerapkan model discovery learning, nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 81 dengan ketuntasan hasil belajar 81%. Pada pembelajaran siklus II nilai rata-rata siswa 85 dengan ketuntasan hasil belajar 94%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model discovery learning dapat meningkatkan keaktifan pembelajaran dan hasil belajar muatan Matematika siswa kelas 4 B SDN Pati Kidul 01.