Peningkatan Proses Pembelajaran dan Hasil Belajar IPA Melalui Model Cooperatif Learning Tipe Jigsaw Berbantuan Media Power Point Siswa Kelas 3 SDN Ngening 01 Kecamatan Batangan Kabupaten Pati Semester I Tahun Pelajaran 2016/2017
Main Author: | Pamuji, Paulus Dwi |
---|---|
Other Authors: | Harjono, Nyoto |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar PSKGDJ FKIP-UKSW
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/12998 |
Daftar Isi:
- Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah pembelajaran kooperatif sebagai proses kegiatan pembelajaran yang belum berfungsi secara maksimal, sehingga menyebabkan rendahnya ketuntasan siswa yang belum mencapai persentase minimal KKM yang ditentukan oleh sekolah. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah model Cooperatif Learning Jigsaw berbantuan media power point dapat meningkatkan proses pembelajaran dan hasil belajar IPA pada siswa kelas 3 SDN Ngening 01 Batangan Pati semester I tahun pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dengan menggunakan model spiral dari Kemmis dan Taggart. Prosedur penelitian terdiri dari 2 siklus. Masing-masing siklus dari tiga tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan dan observasi, dan refleksi. Masing-masing dilaksanakan siklus 3 kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 3B SDN Ngening 01 yang berjumlah 15 siswa, terdiri dari 6 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan dengan karakteristik yang heterogen. Teknik pengumpulan data berupa teknik tes dan teknik observasi dengan instrumen berupa butir soal danlembar observasi. Dalam penelitian ini, pembelajaran mengacu pada langkah-langkah model cooperatif learning tipe jigsaw yang terdiri atas lima tahapan yaitu siswa membentuk kelompok awal, pemberian materi belajar, membentuk kelompok ahli dan diskusi, presentasi hasil diskusi di kelompok awal, dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan, terdapat peningkatan rata-rata hasil belajar IPA. Pada kondisi awal nilai rata-rata siswa yaitu 66 dengan presentase ketuntasan sebesar 53% atau 8 siswa tuntas. Pada pembelajaran siklus I dengan menerapkan model jigsaw berbantuan media powerpoint, nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 72 dengan presentase ketuntasan 60% atau 9 siswa yang tuntas. Pada pembelajaran siklus II nilai rata-rata siswa 81 dengan presentase ketuntasan 100% atau semua siswa tuntas. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model cooperatif learning tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas 3B SDN Ngening 01 Kecamatan Batangan Kabupaten Pati semester I tahun pelajaran 2016/2017.