Penerapan Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) untuk Mengembangkan Sikap Menjaga Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Meningkatkan Hasil Belajar pada Siswa Kelas 5 SD 3 Golantepus Tahun Pelajaran 2016/2017

Main Author: Winarni, Arum
Other Authors: Mawardi
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar PSKGDJ FKIP-UKSW , 2017
Subjects:
PKn
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/12996
Daftar Isi:
  • Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya sikap menjaga keutuhan NKRI dan rendahnya hasil belajar siswa. Nilai pra siklus menunjukkan 10 siswa memperoleh nilai di bawah KKM dari 21 siswa kelas 5 SD 3 Golantepus. Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengembangkan sikap menjaga keutuhan NKRI pada siswa kelas 5 SD 3 Golantepus dengan menggunakan model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT). 2) untuk meningkatkan hasil belajar siswa materi menjaga keutuhan NKRI pada siswa kelas 5 SD 3 Golantepus dengan menggunakan model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT). Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas 5 SD 3 Golantepus dengan subjek penelitian 21 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan. Variabel bebasnya model pembelajaran VCT, sedangkan variabel terikatnya Sikap Menjaga Keutuhan NKRI dan hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dokumentasi dan tes. Angket/Kuesioner berjumlah 26 soal di setiap akhir siklus, sedangkan soal tes berjumlah 20 soal di setiap akhir siklus.. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perkembangan sikap menjaga keutuhan NKRI pada siswa yang cukup signifikan antara hasil siklus I yang mencapai kriteria minimal cukup sebanyak 13 anak atau 61,91% dan hasil siklus II yang mencapai kriteria minimal cukup sebanyak 21 anak atau 100%, didukung dengan hasil belajar siswa dari siklus I yang memperoleh nilai ≥ 70 sebanyak 15 anak atau76,19% dan siklus II yang memperoleh nilai ≥ 70 sebanyak 21 anak atau 100%. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran VCT dapat mengembangkan sikap menjaga keutuhan NKRI dan dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas 5 SD 3 Golantepus tahun pelajaran 2016/2017. Selanjutnya, peneliti memberikan saran kepada siswa untuk bersungguh-sungguh dalam kegiatan pembelajaran dan berlatih menggali nilai-nilai yang terkandung dalam materi PKn. Bagi guru model pembelajaran VCT dapat dijadikan referensi dalam pembelajaran PKn. .