Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) Siswa Kelas III SD YPK Silo Ambroben Kabupaten Biak Numfor Semester 1 Tahun Pelajaran 2016/2017

Main Author: Aibekob, Sofia
Other Authors: Purba, Romirio Torang
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar PSKGDJ FKIP-UKSW , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/12991
Daftar Isi:
  • Tidak diijinkan karya tersebut diunggah ke dalam aplikasi Repositori Perpustakaan Universitas dikarenakan tidak layak untuk diterbitkan.
  • Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah peningkatan hasil belajar IPA dapat diupayakan melalui model pembelajaran STAD siswa kelas III SD YPK SILO AMBROBEN Distrik Biak Kota Kabupaten Biak Numfor semester I tahun pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Model PTK yang digunakan adalah model spiral dari Kemmis dan Mc.Taggart, yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, serta refleksi. Variabel penelitian ini menggunakan dua variabel yaitu model pembelajaran STAD dan hasil belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan non tes (observasi) dan tes. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi dan butir soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan membandingkan hasil belajar IPA berdasarkan ketuntasan belajar, skor minimal, skor maksimal dan skor rata-rata antar siklus. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada peningkatan hasil belajar IPA yang diupayakan melalui model pembelajaran STAD siswa kelas III SD YPK Silo Ambroben Distrik Biak Kota Kabupaten Biak Numfor semester I Tahun Pelajaran 2016/2017. Hal tersebut terlihat dari perbandingan hasil belajar IPA antar siklus berdasarkan (1) ketuntasan belajar antara Siklus I: siklus II dengan KKM ≥ 70 adalah 58,82%:88,24% (2) skor minimal siklus I: siklus II adalah 55:60 (3) skor maksimal siklus I:skor maksimal siklus II adalah 75:85 (4) skor rata-rata siklus I: siklus II adalah 68,38:75. Keberhasilan penelitian ini didasarkan pada ketuntasan pencapaian hasil belajar IPA secara klasikal yaitu mencapai 88,24% ≥ 80% dari indikator yang ditetapkan. Berdasarkan hasil penelitian, maka disarankan kepada guru IPA sekolah dasar untuk menggunakan model pembelajaran STAD di kelas supaya hasil belajar IPA siswa meningkat.