Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VA Mata Pelajaran Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) SD YPK Rut Yenures Distrik Biak Kota Kabupaten Biak Numfor Semester I Tahun Ajaran 2016/2017
Main Author: | Samberi, Dorsila |
---|---|
Other Authors: | Setyaningtyas, Eunice Widyanti |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar PSKGDJ FKIP-UKSW
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/12989 |
Daftar Isi:
- Tidak diijinkan karya tersebut diunggah ke dalam aplikasi Repositori Perpustakaan Universitas dikarenakan tidak layak untuk diterbitkan.
- Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apakah peningkatan hasil belajar Matematika dapat diupayakan melalui model pembelajaran TPS siswa kelas VA SD YPK Rut Yenures Distrik Biak Kota Kabupaten Biak Numfor Semester I Tahun Ajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Model PTK yang digunakan adalah model spiral dari Kemmis, S. dan Mc. Taggart, R., yang dilaksanakan 2 siklus, yang terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan dan pengamatan, serta refleksi. Variabel penelitian ini menggunakan dua variabel yaitu model pembelajaran TPS dan hasil belajar. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan non tes (observasi) dan tes. Instrumen penelitian dengan rubrik penilaian dan butir soal. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif komparatif yaitu teknik yang digunakan untuk membandingkan hasil belajar Matematika berdasarkan ketuntasan belajar, skor minimal, skor maksimal dan skor rata-rata antara siklus 1 ke siklus 2. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar Matematika yang diupayakan melalui model pembelajaran TPS siswa kelas VA SD YPK Rut Yenures Distrik Biak Kota Kabupaten Biak Numfor Semester I Tahun Ajaran 2016/2017. Hal tersebut nampak dari perbandingan hasil belajar Matematika antar siklus berdasarkan (1) ketuntasan belajar dengan KKM ≥ 60 siklus I: 6.25 siklus 100% (2) skor hasil penelitian, maka disarankan kepada guru Metematika di SD, agar dalam pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran TPS supaya hasil belajar TPS siswa meningkat.