Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Make A Match Berbantuan Media Gambar pada Siswa Kelas IV SD N Mintomulyo Kecamatan Juwana-Pati Tahun Pelajaran 2015/2016
Main Author: | Banadi, Didik |
---|---|
Other Authors: | Winanto, Adi |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar PSKGDJ FKIP-UKSW
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/12985 |
ctrlnum |
123456789-12985 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Make A Match Berbantuan Media Gambar pada Siswa Kelas IV SD N Mintomulyo Kecamatan Juwana-Pati Tahun Pelajaran 2015/2016</title><creator>Banadi, Didik</creator><contributor>Winanto, Adi</contributor><subject>model pembelajaran kooperatif make a match berbantuan media gambar</subject><subject>hasil belajar IPA</subject><description>Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah Kurangnya minat belajar siswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Pada proses pembelajaran, guru menyampaikan materi pembelajaran dengan ceramah tanpa menggunakan media ataupun alat peraga, hal tersebut menjadikan siswa merasa jenuh, s iswa lebih asik bermain sendiri sehingga pembelajaran tidak berlangsung secara optimal. Kondisi yang demikian menjadikan siswa sulit untuk memahami materi pelajaran, sehingga menjadikan hasil belajar IPA siswa rendah.Tujuan dari penelitian ini yaitu menerapkan model pembelajaran kooperatif Make a Match berbantuan media gambar untuk meningkatkan proses pembelajaran IPA pada siswa kelas 4 SD N Mintomulyo Kecamatan Bandar Kabupaten Juwana Semester 1 / 2015/2016 serta meningkatan proses pembelajaran IPA melalui penerapan model pembelajaran kooperatif Make a Match berbantuan media gambar untuk meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas 4 SD N Mintomulyo Kecamatan Bandar Kabupaten Juwana Semester 1 / 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan desain penelitian menurut Arikunto yang terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 4 SDN Mintomulyo yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data berupa teknik tes dan nontes. Teknik tes berupa soal evaluasi yang dilaksanakan pada akhir siklus sedangkan teknik nontes berupa lembar observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dalam proses pembelajaran dan hasil belajar IPA. Peningkatan proses pembelajaran dapat dilihat dari peningkatan aktivitas guru dan siswa pada kegiatan pembelajaran. Keaktifan guru dalam pembelajaran meningkat dari persentase 42% pada kondisi awal menjadi 72,73% pada siklus I, dan menjadi 84,33% pada siklus II. Keaktifan siswa dalam proses pembelajaran meningkat dari persentase 36% pada kondisi awal menjadi 65,23% pada siklus I, dan menjadi 83,67% pada siklus II. Peningkatan proses pembelajaran tersebut dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa. Pada kondisi awal nilai rata-rata siswa yaitu 64,4 dengan presentase ketuntasan 48% atau 12 siswa tuntas, meningkat menjadi 81,6 dengan presentase ketuntasan 76% atau 19 siswa tuntas pada siklus I, dan meningkat menjadi 87,48 denggan presentase ketuntasan 92% atau 23 siswa tuntas pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Make a Match berbantuan media gambar dapat meningkatkan proses pembelajaran dan hasil belajar IPA siswa kelas 4 SDN Mintomulyo.</description><date>2017-11-13T07:15:54Z</date><date>2017-11-13T07:15:54Z</date><date>2016</date><type>Thesis:Thesis</type><identifier>262013084</identifier><identifier>16061420</identifier><identifier>http://repository.uksw.edu/handle/123456789/12985</identifier><language>ind</language><type>File:application/pdf</type><type>File:application/pdf</type><type>File:application/pdf</type><type>File:application/pdf</type><type>File:application/pdf</type><type>File:application/pdf</type><type>File:application/pdf</type><type>File:application/pdf</type><publisher>Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar PSKGDJ FKIP-UKSW</publisher><recordID>123456789-12985</recordID></dc>
|
language |
ind |
format |
Thesis:Thesis Thesis File:application/pdf File |
author |
Banadi, Didik |
author2 |
Winanto, Adi |
title |
Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Make A Match Berbantuan Media Gambar pada Siswa Kelas IV SD N Mintomulyo Kecamatan Juwana-Pati Tahun Pelajaran 2015/2016 |
publisher |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar PSKGDJ FKIP-UKSW |
publishDate |
2017 |
topic |
model pembelajaran kooperatif make a match berbantuan media gambar hasil belajar IPA |
url |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/12985 |
contents |
Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah Kurangnya minat belajar siswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Pada proses pembelajaran, guru menyampaikan materi pembelajaran dengan ceramah tanpa menggunakan media ataupun alat peraga, hal tersebut menjadikan siswa merasa jenuh, s iswa lebih asik bermain sendiri sehingga pembelajaran tidak berlangsung secara optimal. Kondisi yang demikian menjadikan siswa sulit untuk memahami materi pelajaran, sehingga menjadikan hasil belajar IPA siswa rendah.Tujuan dari penelitian ini yaitu menerapkan model pembelajaran kooperatif Make a Match berbantuan media gambar untuk meningkatkan proses pembelajaran IPA pada siswa kelas 4 SD N Mintomulyo Kecamatan Bandar Kabupaten Juwana Semester 1 / 2015/2016 serta meningkatan proses pembelajaran IPA melalui penerapan model pembelajaran kooperatif Make a Match berbantuan media gambar untuk meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas 4 SD N Mintomulyo Kecamatan Bandar Kabupaten Juwana Semester 1 / 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan desain penelitian menurut Arikunto yang terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 4 SDN Mintomulyo yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data berupa teknik tes dan nontes. Teknik tes berupa soal evaluasi yang dilaksanakan pada akhir siklus sedangkan teknik nontes berupa lembar observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dalam proses pembelajaran dan hasil belajar IPA. Peningkatan proses pembelajaran dapat dilihat dari peningkatan aktivitas guru dan siswa pada kegiatan pembelajaran. Keaktifan guru dalam pembelajaran meningkat dari persentase 42% pada kondisi awal menjadi 72,73% pada siklus I, dan menjadi 84,33% pada siklus II. Keaktifan siswa dalam proses pembelajaran meningkat dari persentase 36% pada kondisi awal menjadi 65,23% pada siklus I, dan menjadi 83,67% pada siklus II. Peningkatan proses pembelajaran tersebut dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa. Pada kondisi awal nilai rata-rata siswa yaitu 64,4 dengan presentase ketuntasan 48% atau 12 siswa tuntas, meningkat menjadi 81,6 dengan presentase ketuntasan 76% atau 19 siswa tuntas pada siklus I, dan meningkat menjadi 87,48 denggan presentase ketuntasan 92% atau 23 siswa tuntas pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Make a Match berbantuan media gambar dapat meningkatkan proses pembelajaran dan hasil belajar IPA siswa kelas 4 SDN Mintomulyo. |
id |
IOS3115.123456789-12985 |
institution |
Universitas Kristen Satya Wacana |
institution_id |
295 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Kristen Satya Wacana |
library_id |
271 |
collection |
Institutional Repository of Satya Wacana Christian University |
repository_id |
3115 |
subject_area |
Agama Ekonomi Pendidikan |
city |
KOTA SALATIGA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS3115 |
first_indexed |
2022-09-30T07:41:33Z |
last_indexed |
2022-09-30T07:41:33Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1745381192655437824 |
score |
17.538404 |