Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Make A Match Berbantuan Media Gambar pada Siswa Kelas IV SD N Mintomulyo Kecamatan Juwana-Pati Tahun Pelajaran 2015/2016

Main Author: Banadi, Didik
Other Authors: Winanto, Adi
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar PSKGDJ FKIP-UKSW , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/12985
ctrlnum 123456789-12985
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Make A Match Berbantuan Media Gambar pada Siswa Kelas IV SD N Mintomulyo Kecamatan Juwana-Pati Tahun Pelajaran 2015/2016</title><creator>Banadi, Didik</creator><contributor>Winanto, Adi</contributor><subject>model pembelajaran kooperatif make a match berbantuan media gambar</subject><subject>hasil belajar IPA</subject><description>Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah Kurangnya minat belajar siswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Pada proses pembelajaran, guru menyampaikan materi pembelajaran dengan ceramah tanpa menggunakan media ataupun alat peraga, hal tersebut menjadikan siswa merasa jenuh, s iswa lebih asik bermain sendiri sehingga pembelajaran tidak berlangsung secara optimal. Kondisi yang demikian menjadikan siswa sulit untuk memahami materi pelajaran, sehingga menjadikan hasil belajar IPA siswa rendah.Tujuan dari penelitian ini yaitu menerapkan model pembelajaran kooperatif Make a Match berbantuan media gambar untuk meningkatkan proses pembelajaran IPA pada siswa kelas 4 SD N Mintomulyo Kecamatan Bandar Kabupaten Juwana Semester 1 / 2015/2016 serta meningkatan proses pembelajaran IPA melalui penerapan model pembelajaran kooperatif Make a Match berbantuan media gambar untuk meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas 4 SD N Mintomulyo Kecamatan Bandar Kabupaten Juwana Semester 1 / 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan desain penelitian menurut Arikunto yang terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 4 SDN Mintomulyo yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data berupa teknik tes dan nontes. Teknik tes berupa soal evaluasi yang dilaksanakan pada akhir siklus sedangkan teknik nontes berupa lembar observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dalam proses pembelajaran dan hasil belajar IPA. Peningkatan proses pembelajaran dapat dilihat dari peningkatan aktivitas guru dan siswa pada kegiatan pembelajaran. Keaktifan guru dalam pembelajaran meningkat dari persentase 42% pada kondisi awal menjadi 72,73% pada siklus I, dan menjadi 84,33% pada siklus II. Keaktifan siswa dalam proses pembelajaran meningkat dari persentase 36% pada kondisi awal menjadi 65,23% pada siklus I, dan menjadi 83,67% pada siklus II. Peningkatan proses pembelajaran tersebut dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa. Pada kondisi awal nilai rata-rata siswa yaitu 64,4 dengan presentase ketuntasan 48% atau 12 siswa tuntas, meningkat menjadi 81,6 dengan presentase ketuntasan 76% atau 19 siswa tuntas pada siklus I, dan meningkat menjadi 87,48 denggan presentase ketuntasan 92% atau 23 siswa tuntas pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Make a Match berbantuan media gambar dapat meningkatkan proses pembelajaran dan hasil belajar IPA siswa kelas 4 SDN Mintomulyo.</description><date>2017-11-13T07:15:54Z</date><date>2017-11-13T07:15:54Z</date><date>2016</date><type>Thesis:Thesis</type><identifier>262013084</identifier><identifier>16061420</identifier><identifier>http://repository.uksw.edu/handle/123456789/12985</identifier><language>ind</language><type>File:application/pdf</type><type>File:application/pdf</type><type>File:application/pdf</type><type>File:application/pdf</type><type>File:application/pdf</type><type>File:application/pdf</type><type>File:application/pdf</type><type>File:application/pdf</type><publisher>Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar PSKGDJ FKIP-UKSW</publisher><recordID>123456789-12985</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
File:application/pdf
File
author Banadi, Didik
author2 Winanto, Adi
title Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Make A Match Berbantuan Media Gambar pada Siswa Kelas IV SD N Mintomulyo Kecamatan Juwana-Pati Tahun Pelajaran 2015/2016
publisher Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar PSKGDJ FKIP-UKSW
publishDate 2017
topic model pembelajaran kooperatif make a match berbantuan media gambar
hasil belajar IPA
url http://repository.uksw.edu/handle/123456789/12985
contents Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah Kurangnya minat belajar siswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Pada proses pembelajaran, guru menyampaikan materi pembelajaran dengan ceramah tanpa menggunakan media ataupun alat peraga, hal tersebut menjadikan siswa merasa jenuh, s iswa lebih asik bermain sendiri sehingga pembelajaran tidak berlangsung secara optimal. Kondisi yang demikian menjadikan siswa sulit untuk memahami materi pelajaran, sehingga menjadikan hasil belajar IPA siswa rendah.Tujuan dari penelitian ini yaitu menerapkan model pembelajaran kooperatif Make a Match berbantuan media gambar untuk meningkatkan proses pembelajaran IPA pada siswa kelas 4 SD N Mintomulyo Kecamatan Bandar Kabupaten Juwana Semester 1 / 2015/2016 serta meningkatan proses pembelajaran IPA melalui penerapan model pembelajaran kooperatif Make a Match berbantuan media gambar untuk meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas 4 SD N Mintomulyo Kecamatan Bandar Kabupaten Juwana Semester 1 / 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan desain penelitian menurut Arikunto yang terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 4 SDN Mintomulyo yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data berupa teknik tes dan nontes. Teknik tes berupa soal evaluasi yang dilaksanakan pada akhir siklus sedangkan teknik nontes berupa lembar observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dalam proses pembelajaran dan hasil belajar IPA. Peningkatan proses pembelajaran dapat dilihat dari peningkatan aktivitas guru dan siswa pada kegiatan pembelajaran. Keaktifan guru dalam pembelajaran meningkat dari persentase 42% pada kondisi awal menjadi 72,73% pada siklus I, dan menjadi 84,33% pada siklus II. Keaktifan siswa dalam proses pembelajaran meningkat dari persentase 36% pada kondisi awal menjadi 65,23% pada siklus I, dan menjadi 83,67% pada siklus II. Peningkatan proses pembelajaran tersebut dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa. Pada kondisi awal nilai rata-rata siswa yaitu 64,4 dengan presentase ketuntasan 48% atau 12 siswa tuntas, meningkat menjadi 81,6 dengan presentase ketuntasan 76% atau 19 siswa tuntas pada siklus I, dan meningkat menjadi 87,48 denggan presentase ketuntasan 92% atau 23 siswa tuntas pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Make a Match berbantuan media gambar dapat meningkatkan proses pembelajaran dan hasil belajar IPA siswa kelas 4 SDN Mintomulyo.
id IOS3115.123456789-12985
institution Universitas Kristen Satya Wacana
institution_id 295
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Kristen Satya Wacana
library_id 271
collection Institutional Repository of Satya Wacana Christian University
repository_id 3115
subject_area Agama
Ekonomi
Pendidikan
city KOTA SALATIGA
province JAWA TENGAH
repoId IOS3115
first_indexed 2022-09-30T07:41:33Z
last_indexed 2022-09-30T07:41:33Z
recordtype dc
_version_ 1745381192655437824
score 17.538404