Penerapan Model Pembelajaran Time Token untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA Kelas 3 SDN Pagendisan Kec. Winong Kab Pati Semester 1 Tahun Ajaran 2015/2016

Main Author: Prayogo, Heri
Other Authors: Winanto, Adi
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar PSKGDJ FKIP-UKSW , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/12983
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Time Token dan meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi perubahan sifat benda kelas 3 SDN Pagendisan Winong Pati.Model pembelajaran kooperatif Time Token adalah model pembelajaran yang dapat menciptakan suasana kelas menjadi aktif dan menyenangkan karena setiap siswa dapat menjawab pertanyaan dari kupon yang diberikan guru, sehingga semua siswa menjadi berani mengungkapkan pendapatnya dengan kreatif. Hasil belajar merupakan hasil yang dicapai siswa dari proses belajar mengajar sesuai dengan tujuan pendidikan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 3 semester 1 SDN Pagendisan Kecamatan Winong Kabupaten Pati Tahun Ajaran 2015/2016. Adapun siswa kelas 3 berjumlah 21 siswa yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan.Instrumen penelitian ini adalah lembar observasi dan butir soal tes formatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif komparatif, yakni membandingkan hasil belajar pra siklus, siklus 1 dan siklus 2. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan ketuntasan hasil belajar IPA siswa materi perubahan sifat benda beserta pemodelan yang cukup signifikan antara hasil prasiklus (52,4%), hasil siklus I (66,7%) dan hasil siklus II (90,5%).Simpulan penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran time token materi perubahan sifat benda beserta pemodelan dapat meningkatkan hasil belajar IPA SDN Pagendisan Kecamatan Winong Kabupaten Pati. Selanjutnya, saran yang diberikan yaitu sebaiknya guru dapat menggunakan model pembelajaran time token dalam pembelajaran IPA. Bagi siswa hendaknya aktif dalam pembelajaran. Diharapkan peneliti yang akan datang dapat lebih memahami model pembelajaran Time Token, sehingga akan meminimalisasikan kekurangan dalam pembelajaran.