Evaluasi Program Diklat Kompetensi Guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Balai Pengembangan Pendidikan Kejuruan Provinsi Jawa Tengah

Main Author: Pahlevi, Reza
Other Authors: Ismanto, Bambang
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Magister Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana FKIP-UKSW , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/12963
Daftar Isi:
  • Tidak diijinkan karya tersebut diunggah ke dalam aplikasi Repositori Perpustakaan Universitas dikarenakan discan lembar pengesahan tidak dibubuhi cap fakultas.
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi: (1) Context dalam penyelenggaraan Program Diklat Kompetensi Plus di BPDIKJUR, (2) Input dalam penyelenggaraan Diklat Kompetensi Plus di BPDIKJUR, (3) Process dalam penyelenggaraan Program Diklat Kompetensi Plus di BPDIKJUR dan (4) Product dalam penyelenggaraan program Diklat Kompetensi Plus di BPDIKJUR dan menemukan kendala kendala dalam penyelenggaraan Program Diklat Kompetensi Plus di BPDIKJUR. Jenis penelitian adalah penelitian evaluatif dengan model CIPP. Teknik Pengumpulan data menggunakan Studi dokumen dan validasi data menggunakan Focus Groups Discussion. Beberapa tahapan yang dilakukan dalam analisis data dalam penelitian ini meliputi: koleksi data, reduksi data, display data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) pada evaluasi Context, adanya kesenjangan kompetensi hasil pembelajaran di SMK dengan kompetensi standar industri, (2) Pada Evaluasi Input, Desain Program Diklat Kompetensi Plus di BPDIKJUR terbukti mampu menjawab kebutuhan akan perlunya suatu program yang menjembatani kesenjangan antara kompetensi hasil pembelajaran di SMK dengan kompetensi standar industri, (3) Pada aspek Process, Program Diklat Kompetensi plus telah berjalan sesuai dengan mekanisme yang ada walaupun masih ada kendala kendala yang dihadapi. (4) Pada aspek Product, Program Diklat Kompetensi plus telah menghasilkan peserta diklat yang kompeten dibuktikan dengan sertifikat kompetensi. Kendala kendala dapat diatasi dengan strategi strategi yang dimiliki oleh BPDIKJUR sehingga menghasilkan hasil yang maksimal. Berdasarkan hasil penelitian direkomendasikan agar program diklat kompetensi plus dilanjutkan dengan penyempurnaan.