Analisis Manajemen Periklanan PT. Sumber Cipta Multiniaga (Kantor Pemasaran PT Djarum Semarang): Studi Kasus SPG dalam Kajian Retorika Public Speaking

Main Author: Kurniawan, Jefri
Other Authors: Siahainenia, Royke Robert, Sari, Dewi Kartika
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Komunikasi FISKOM-UKSW , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/12748
Daftar Isi:
  • Tidak diijinkan karya tersebut diunggah ke dalam aplikasi Repositori Perpustakaan Universitas dikarenakan tidak ada keterangan tanggal lulus ujian discan lembar pengesahan.
  • Penelitian ini berjudul Analisis Manajemen Periklanan PT. Sumber Cipta Multiniaga (Kantor Pemasaran PT Djarum Semarang) (Studi Kasus SPG dalam Kajian Retorika Public Speaking). Manajemen periklanan adalah rangkaian kegiatan yang harus dilakukan oleh sebuah perusahan sebagai alat untuk mendukung dan meningkatkan penjualan produk. Manajemen periklanan dapat dilakukan melalu berbagai cara dan media yang ada. Seperti halnya yang dilakukan oleh PT. Djarum Kudus. Perusahaan rokok ini adalah perusahaan rokok kretek terbesar kedua yang memproduksi rokok kretek di indonesia. Dalam upaya memasarkan produk-produknya, PT. Djarum melakukan berbagai macam kegiatan periklanan yang dimulai dari, promosi penjualan seperti membagi-bagikan sampel rokok, membuka stand-stand bazaar, sampai menggunakan jasa SPG (sales promotion girl). Penelitian ini mengkaji lebih dalam tentang bagaimana retorika Public speaking yang digunakan oleh SPG dalam memasarkan produknya. Penelitian Ini menggunakan penelitian kualitatif untuk mendiskripsikan bagaimana aspek retorika dalam Public Speaking yang digunakan oleh SPG PT. Djarum. Wawancara dan observasi lapangan dilakukan untuk mengetahui secara langsung bagaiamana SPG memasarkan produk kepada calon pelanggan. Teknik deskriptif digunakan untuk menguraikan data dan memberikan gambaran secara deskriptif mengenai hasil wawancara langsung terhadap SPG. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa kemampuan public speaking baik pada aspek ethos, pathos maupun logos sangat penting dan mutlak diperlukan oleh tiap SPG Djarum dalam mengiklankan produk-produk PT. Djarum. Dua hal yang paling dominan dari aspek retorika adalah Performance yang merujuk pada karakter komunikasi dan persuasif SPG ketika memasarkan produk dilapangan. Kedua bentuk public speaking ini berhasil menjawab tujuan beriklan yang dilakukan oleh PT. Djarum, yaitu menginformasikan, memberikan nilai tambah, menjadi fasilitator bagi PT.Djarum dan membujuk konsumen untuk menjadi konsumen produk PT. Djarum.
  • This study entitled Analysis of Advertising Management PT. Sumber Cipta Multiniaga (Marketing Office PT. Djarum Semarang) (Case Studies of SPG in Public Speaking Rhetoric Studies). Advertising management is a series of activities that must be performed by a company as a tool to support and increase product sales. Advertising management can be done through various ways and using all media available, just like what PT. Djarum Kudus has done. This tobacco company is the second largest company in manufacturing cigarettes in Indonesia. In an effort to market its products, PT. Djarum has been doing various kinds of advertising activities starting from sales promotions such as giving away samples of cigarettes, open bazaar booths, and uses the services of SPG (sales promotion girl). This study examines more deeply about how the rhetoric public speaking is used by SPG in marketing their products. This study used qualitative research to describe how aspects of the rhetoric public speaking are used by SPG PT. Djarum. Interviews and field observations is used to find out directly how the SPG market the products to prospective customers. Descriptive technique is used to analyze and provide a descriptive overview of the results in direct interviews with the SPG, Results of this study stated that the ability of public speaking both in the aspect of ethos, pathos and logos are very important and absolutely necessary for each SPG Djarum in advertising PT. Djarum’s products. Two of the most dominant aspects of rhetoric is Performance which refers to the communication and persuasive character of SPG when marketing the products. Both forms of public speaking are successfully answering the purpose of the advertising conducted by PT. Djarum, which is to inform, provide added value, become facilitators for PT. Djarum and persuade consumers to become consumer of PT. Djarum’s products.