Hubungan antara Pola Asuh Permisif Orang Tua dengan Kemandirian Belajar Siswa SMK Negeri 1 Ambon
Main Author: | Mainake, Maya Nathasia |
---|---|
Other Authors: | Soetjiningsih, Christiana Hari, Wahyuningrum, Enjang |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Psikologi FPSI-UKSW
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/12438 |
Daftar Isi:
- Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional yang bertujuan untuk mengetahui signifikansi hubungan antara pola asuh permisif orang tuadengan kemandirian belajar siswa SMK Negeri 1 Ambon. Siswa sebanyak 60 orang diambil sebagai sampel yang dilakukan dengan menggunakan teknik sampel Random Sampling. Metode penelitian yang dipakai dalam pengumpulan data yaitu skala pola asuh permisifyang disusun sendiri oleh penulis berdasarkan dimensi pola asuh permisif yang diungkapkan oleh Baumrind, untuk mengukur pola asuh permisif yang dirasakan oleh siswa dan skala kemandirian belajar yang disusun oleh Garrison (1997), berdasarkan aspek-aspeknya yang kemudian penulis gunakan sebagai alat ukur untuk mengukur kemandirian belajar siswa. Teknik analisa data yang dipakai adalah teknik korelasi product moment. Dari hasil analisa data diperoleh koefisien korelasi (r) -0,363dengan P < 0,05yang berarti ada hubungan negatifdan signifikan antara pola asuh permisif orang tua dengan kemandirian belajar. Hal ini bermakna bahwa semakin tinggi pola asuh permisif berarti semakin rendah kemandirian belajarnya.
- The type of this research is a correlational research which aims to know the significance of relation between permissive parenting and the independent learning of students in SMK Negeri 1 Ambon. Far this research, 60 students were taken as sample that was done using random sampling technique.The research methodused inthedata collection permissive parenting scale werecompiled by the author based onpermissive parenting dimensions revealed by Baumrind, permissive parenting tomeasureperceivedby students and independent learning scale developed by Garrison(1997), based on theaspects-aspectthenI use asa measuring tool to measure student learning independence.The research method that was used in gathering the data was scale method, which are permissive parenting scale and independent learning scale. The research also used product moment correlation coefficient (r) -0,363 with P <0,05 which means there is a negative relation and significance between permissive parenting with students independent learning. This result shows that when the permissive parenting gets higher, the independent learning gets lower.