Perancangan Video Klip “Terbaik” Sebagai Media Promosi Band Lokal (Studi Kasus Sekawan and Friends)

Main Author: Harison, Tanadi
Other Authors: Tumimomor, Anthony Y.M., Setyawan, Martin
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Desain Komunikasi Visual FTI-UKSW , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/12224
Daftar Isi:
  • Music in Indonesia is developing rapidly. A lot of new bands were created, causing competition in the music industry become more stringent. Problems are faced by the bands, one of them is promotion problem. This problem is also faced by local band originating from Salatiga, Sekawan and Friends. Hence based the on the encountered problem, a form of visual communication medium with video clips as an alternative type of promotion is required. By researching with cyclic strategy methodology, a video with cinematic clip concept is designed. The results of this design is a video clip that can be used as a way to promote band Sekawan and Friends and its song “Terbaik”. Keywords :Music Video, Sekawan and Friends, Ciematic Clip, Promotion Perkembangan musik di Indonesia sangatlah pesat. Banyak band baru bermunculan dan membuat persaingan di industri musik menjadi lebih ketat. Namun ada beberapa masalah yang dihadapi oleh band, salah satunya dalam hal promosi. Masalah ini juga dihadapi oleh band lokal asal Salatiga yaitu Sekawan and Friends, sehingga berasarkan dari permasalahan yang ada maka diperlukan sebuah media komunikasi visual berbentuk video dengan jenis video klip sebagai alternatif promosi. Dengan menggunakan metode penelitian cyclic strategy, maka dirancang video klip dengan konsep cinematic clip. Hasil dari perancangan ini adalah sebuah video klip yang dapat digunakan sebagai media promosi lagu “Terbaik” dan band Sekawan and Friends.