Upaya Penigkatan Hasil Belajar IPA dengan Menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation pada Siswa Kelas IV Semester II SD Negeri Randuacir 01 Kecamatan Argomulyo Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2013/2014
Main Author: | Yuventus |
---|---|
Other Authors: | Sanoto, Herry |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/12006 |
Daftar Isi:
- Tidak diijinkan karya tersebut diunggah ke dalam aplikasi Repositori Perpustakaan Universitas dikarenakan masih ada kekurangan administrasi.
- Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar IPA dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Group investigation pada Siswa Kelas IV Semester II SD Negeri Randuacir 01 Kecamatan Argomulyo Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Randuacir 01 Kecamatan Argomulyo Kota Salatiga dengan jumlah siswa 15 orang. Analisis data menggunakan analisis kuantitatif dan presentase. Analisis ini digunakan untuk mengetahui upaya peningkatan hasil belajar IPA dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Group investigation pada siswa kelas IV semester II SD Negeri Randuacir Kecamatan Argomulyo Kota Salatiga. Hasil penelitian menunjukan adalah peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe Group investigation. Hal ini tampak sebelum dilakukan tindakan menunjukan hasil belajar siswa sebanyak 5 siswa dengan persentase 33% sudah tuntas dan sebanyak 10 siswa dengan persentase 67% belum tuntas. Selanjutnya dilakukan tindakan dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe Group investigation. pada siklus I pertemuan I menunjukan sebanyak 9 siswa dengan persentase 60% sudah tuntas dan sebanyak 6 siswa dengan persentase 40% belum tuntas. Pada siklus I pertemuan II menunjukan sebanyak 10 siswa dengan persentase 67% sudah tuntas dan sebanyak 5 siswa dengan persentase 33% belum tuntas. Karena hasil belajar belum memenuhi indikator kinerja yaitu hasil belajar siswa secara klasikal 90% maka dilakukan siklus II. Pada siklus II pertemuan I hasil belajar siswa menunjukan sebanyak 12 siswa dengan persentase 80% sudah tuntas dan sebanyak 3 siswa dengan persentase 20% belum tuntas. Selanjutnya pada siklus II pertemuan II menunjukan sebanyak 15 siswa dengan persentase 100% sudah tuntas semua. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan mengunakan pembelajaran kooperatif tipe Group investigation dapat meningkatkan hasil belajar pada Siswa Kelas IV Semester II SD Negeri Randuacir 01 Kecamatan Argomulyo Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2013/2014.